Polda Metro Jelaskan Kronologi Penangkapan WN Latvia Pelaku Skimming

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 20 Mei 2022 12:05 WIB
Gedung Mapolda Metro Jaya
Gedung Polda Metro Jaya (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap pria WN Latvia, RM (46) terkait kasus skimming ATM di Beji, Depok. RM ditangkap atas pembobolan sejumlah ATM di Jakarta.

Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi membenarkan soal penangkapan WN Latvia ini.

"Iya benar, pelaku WN Latvia berinisial RM telah kami amankan dan saat ini masih diperiksa," ujar Kombes Hengki saat dihubungi detikcom, Jumat (20/5/2022).

Dihubungi terpisah, Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Handik Zusen mengatakan RM ditangkap atas laporan dari pihak bank. RM diduga telah membobol sejumlah rekening dengan modus skimming.

"Dengan adanya laporan tersebut, Tim Opsnal Unit IV Subdit Tahbang/Resmob melakukan penyelidikan dan melakukan olah TKP, observasi, dan mengambil CCTV di beberapa lokasi," kata Handik.

Dari penyelidikan tersebut, polisi mencurigai seseorang dan langsung melakukan pengejaran. Pelaku diketahui sempat berpindah-pindah alamat sebelum akhirnya ditangkap di Beji, Depok.

"Pelaku sempat beberapa kali berpindah-pindah saat hendak ditangkap," imbuh Handik.

Belum dijelaskan berapa kerugian yang diderita pihak bank. Polisi saat ini masih mengembangkan penangkapan RM untuk mengetahui apakah pelaku berkelompok atau bekerja sendiri.

RM ditangkap di Beji, Depok, Kamis (19/5) kemarin. RM ditangkap dengan sejumlah barang bukti.

Lihat juga video '2 WN Turki Ditangkap Gegara Skimming ATM di Bali':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/fjp)