Peraturan Penggunaan Masker Terkini, Boleh Lepas di Ruang Terbuka

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Jumat, 20 Mei 2022 11:22 WIB
Peraturan penggunaan masker terbaru telah diberlakukan. Masyarakat yang sedang beraktivitas di ruang terbuka diizinkan untuk tidak memakai masker.
Peraturan Penggunaan Masker, Boleh Lepas di Ruang Terbuka (Foto: Getty Images/iStockphoto/Tomwang112)
Jakarta -

Peraturan penggunaan masker terbaru telah diberlakukan. Masyarakat yang sedang beraktivitas di ruang terbuka diizinkan untuk tidak memakai masker.

Namun, penggunaan masker wajib diterapkan ketika kita berada di ruangan tertutup dan saat menggunakan transportasi umum. Berikut informasi selengkapnya terkait peraturan penggunaan masker.

Peraturan Penggunaan Masker di Luar dan Dalam Ruangan

Pemerintah memberi kelonggaran terhadap penggunaan masker pada masa COVID-19. Melalui konferensi pers di akun Youtube Sekretariat Presiden Indonesia, Selasa (17/5/2022), Presiden Jokowi mengizinkan masyarakat lepas masker di ruangan terbuka.

"Pertama, pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," demikian keterangan dari Jokowi.

Jika kita berada di dalam ruangan dan sedang menggunakan transportasi publik, masker tetap wajib digunakan. Kelompok lansia, penderita komorbid, serta orang yang sedang batuk pilek diimbau untuk tetap memakai masker saat sedang beraktivitas.

"Namun kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker. Bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia, atau memiliki penyakit komorbid, maka saya tetap menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas. Demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek, maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas," ungkap Jokowi.

Aturan Lepas Masker Berlaku Per 18 Mei 2022

Selain aturan penggunaan masker, Jokowi juga merilis syarat perjalanan terbaru menggunakan transportasi umum. Calon penumpang yang sudah vaksinasi lengkap (dua kali) dan booster, tak perlu lagi menunjukkan bukti tes COVID-19.

Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, kedua aturan baru itu akan berlaku efektif mulai tanggal 18 Mei 2022.

"Nantinya elaborasi arahan Presiden akan dituangkan dalam beberapa perubahan kebijakan pengendalian COVID-19 terkait pelaku perjalanan luar negeri dan dalam negeri, dan masa berlaku efektifnya per 18 Mei 2022 atau besok," ucap Wiku dalam konferensi pers, Selasa (17/5/2022).

Salat Berjamaah Boleh Buka Masker

Mengikuti kebijakan baru, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga mengeluarkan pengaturan penggunaan masker saat sedang salat berjamaah. Jamaah salat dalam kondisi sehat diperbolehkan untuk tidak memakai masker.

"Seiring dengan pelonggaran protokol kesehatan yang kembali ditetapkan pemerintah, maka pelaksanaan salat bagi masyarakat muslim yang sehat sudah tidak memakai masker lagi. Dan usai salat, jika berada di ruang publik, perlu menyesuaikan," kata Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Niam Sholeh dalam keterangan pers, Selasa (17/5/2022).

(kny/imk)