Polisi Siagakan 4.200 Personel Amankan Demo di Patung Kuda dan DPR

Anggi Muliawati - detikNews
Jumat, 20 Mei 2022 11:00 WIB
Barikade polisi menggunakan  tameng. dikhy sasrailustrasidetikfoto
Ilustrasi polisi (Foto: detikcom/dikhy sasra)
Jakarta -

Massa aksi yang tergabung Komite Rakyat Lawan Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KRL-KKN) akan menggelar demo di dua titik, Patung Kuda dan gedung DPR/MPR. Sebanyak 4.200 personil gabungan diturunkan.

"4.200 personel gabungan (yang diturunkan untuk mengamankan)," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin saat dihubungi, Jumat (20/5/2022).

Dia menyebut jumlah peserta aksi belum dapat diprediksi. Komarudin mengimbau masyarakat untuk menyampaikan aspirasi secara damai agar tidak mengganggu aktivitas warga lain.

"Belum kita prediksi, belum kita ketahui, ya silahkan saja masyarakat yang mau menyampaikan pendapat di muka umum, itu dipersilahkan diatur dalam undang-undang, namun harus mematuhi peraturan yang ada harus memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya yang ingin beraktivitas di ibu kota," katanya.

Komarudin mengatakan saat ini belum ada penutupan jalan. Dia berharap massa aksi dapat melakukan unjuk rasa dengan tertib.

"Sementara belum ada, dan mudah-mudahan tidak perlu ada penutupan agar masyarakat lain juga bisa beraktivitas," katanya.

Pantauan detikcom di Patung Kuda pukul 10.40 WIB, terlihat belum adanya penutupan jalan. Arus lalu lintas terpantau ramai lancar.

Sejumlah petugas kepolisian pun mulai bersiaga di sekitar area lokasi. Selain itu, juga terdapat water barrier, kawat berduri, dan sejumlah kendaraan taktis (rantis).

Simak juga video 'Polisi Belum Terima Pemberitahuan Aksi PA 212 di Kedubes Singapura':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)