Faldo soal Survei Kepuasan tentang Pemerintah Urus Mudik: Jadi Motivasi

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 20 Mei 2022 10:44 WIB
Sejumlah warga menonton kemacetan yang terjadi di ruas Tol Cikampek arah Jakarta saat pemberlakuan one way. Aksi itu dilakukan untuk membagikan informasi ke temannya yang mudik lewat grup WhatsApp (WA), Jumat, (6/5/2022).
Lalu lintas saat mudik (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Sebanyak 76% responden menyatakan puas terhadap kinerja pemerintah dalam mengatur penyelenggaraan mudik Lebaran 2022 berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Staf Khusus Mensesneg Faldo Maldini mengatakan semua elemen telah bekerja keras dalam menyukseskan mudik Lebaran 2022.

"Penyelenggaraan mudik yang lalu sangat menantang, selama dua tahun kita dibatasi dalam bermobilitas. Berbagai persiapan yang melibatkan pemerintah pusat berbagai sektor hingga daerah memperlihatkan hasil yang diharapkan. Semuanya sudah bekerja baik," kata Faldo kepada wartawan, Jumat (20/5/2022).

Faldo angkat topi ke seluruh jajaran yang terlibat dalam pelaksanaan mudik Lebaran. Dia mengatakan kepuasan masyarakat terkait kinerja pemerintah ini menjadi motivasi bagi semua jajaran.

"Kami apresiasi masyarakat yang dapat sama-sama bisa menjaga semuanya kondusif. Presiden selalu melakukan yang terbaik dalam menjalankan tugas, dinilai memuaskan tentunya jadi motivasi menjadi semakin baik untuk seluruh jajaran," ujar dia.

Selain itu, kata Faldo, kepuasan terhadap kinerja pemerintah hari ini bakal menjadikan ekspektasi besar dalam pelaksanaan mudik selanjutnya. Dia berharap pelaksanaan mudik Lebaran terus lebih baik.

"Penyelenggaraan mudik selanjutnya tentunya akan punya ekspektasi yang lebih besar, dengan kepuasan hari ini. Semua pembelajaran dari penyelenggaraan mudik ini akan membuat kita lebih baik lagi," imbuh dia.

Untuk diketahui, SMRC menggelar survei pada 10-12 Mei 2022. Survei ini melibatkan sebanyak 1.245 responden.

Sampel dipilih menggunakan metode random digit dialing (RDD) dengan wawancara melalui telepon. Margin of error diperkirakan ±2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

"Sekitar 76% warga merasa sangat dan cukup puas dengan kerja pemerintah dalam penyelenggaraan mudik tahun ini. Yang merasa kurang dan tidak puas sama sekali ada 9%, dan yang tidak tahu dan tidak jawab 15%," kata Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas melalui keterangan tertulis, Rabu (18/5/2022).

Berikut rincian tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah dalam mengatur mudik 2022:

Sangat puas 7%

Cukup puas 69%

Kurang puas 8%

Tidak puas sama sekali 1%

Tidak jawab 15%

Selain itu, SMRC mencatat mayoritas warga menyatakan puas terhadap pelayanan transportasi umum saat periode mudik. Hanya 11% warga yang menyatakan tidak puas.

"Dari warga yang mudik dengan transportasi umum, mayoritas, 88%, merasa sangat dan cukup puas dengan pelayanan transportasi umum tersebut selama mudik Lebaran kemarin. Sementara yang kurang dan tidak puas ada 11%. Yang tidak menjawab 1%," lanjut Sirojudin.

Sirojudin memaparkan warga yang menyatakan puas dengan kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan mudik Lebaran 2022 dan mengendalikan pandemi cenderung menyatakan sikap yang sama terhadap kinerja Jokowi.

"Warga yang merasa puas dengan kinerja pemerintah dalam menangani wabah COVID-19 dan penyelenggaraan mudik cenderung merasa puas dengan kinerja Presiden Jokowi. Begitu pun sebaliknya," ujarnya.

(knv/imk)