ADVERTISEMENT

Tema Harkitnas 2022 dan Informasi Hari Kebangkitan Nasional Tahun Ini

Syena Meuthia - detikNews
Kamis, 19 Mei 2022 19:09 WIB
Tema Harkitnas 2022 sudah dirilis dalam rangka menyambut Hari Kebangkitan Nasional. Harkitnas 2022 jatuh pada tanggal 20 Mei 2022 mendatang.
Tema Harkitnas 2022 dan Informasi Hari Kebangkitan Nasional Tahun Ini (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Tema Harkitnas 2022 sudah dirilis dalam rangka menyambut Hari Kebangkitan Nasional. Harkitnas 2022 jatuh pada tanggal 20 Mei 2022 mendatang.

Lalu, bagaimana dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

Tema Harkitnas 2022 Sudah Dirilis, Cek Informasinya

Mengutip dari laman resmi Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo), tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 tahun 2022 adalah "Ayo Bangkit Bersama". Tema tersebut dipilih sebagai harapan agar peringatan Harkitnas 2022 dapat menjadi momentum bagi masyarakat Indonesia sebagai bangsa yang besar untuk bersama-sama mengobarkan semangat bangkit dari COVID-19.

Diketahui, pandemi COVID-19 yang telah berlangsung selama lebih dari 2 tahun berefek pada segala sendi kehidupan. Selain tema Harkitnas 2022, Kominfo juga merilis logo peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2022 untuk melambangkan semangat yang berkobar, kedamaian serta awal yang baru.

Makna Logo Peringatan Harkitnas 2022

Logo Harkitnas 2022 mempunyai arti di baliknya. Logo tersebut terdiri dari beberapa simbol dan warna yang memiliki makna, antara lain:

  • Simbol Siluet Gunungan Merah Putih seperti roket: Melambangkan awal dari semangat kebangkitan Indonesia seperti roket yang menjulang tinggi
  • Simbol Angka 114 di dalam gunungan merah putih: Melambangkan Indonesia telah melindungi dan mengayomi/melindungi rakyatnya dengan kedamaian sejak 114 tahun yang lalu
  • Simbol Tagline "Indonesia Bangkit" dengan font bold: Melambangkan tekat Bangsa Indonesia untuk bangkit
  • Warna Merah: Kuat, berani, dan bersemangat yang berkobar
  • Warna Putih: Kedamaian dan awal yang baru
  • Warna Biru: Perlindungan dan kenyamanan.

Pedoman Penyelenggaraan Harkitnas 2022

Selain tema dan logo Harkitnas 2022, Kominfo juga menyampaikan pedoman penyelenggaraan Harkitnas 2022 melalui Surat Keputusan Nomor 549/M.KOMINFO/HM.04.01/05/2022. Bersamaan dengan SK tersebut, Kominfo juga melampirkan kegiatan Harkitnas 2022 sebagai berikut:

  1. Upacara Bendera secara Hybrid
    Upacara Bendera Harkitnas 2022 diadakan secara serentak dan terbatas pada hari Jumat, 20 Mei 2022. Kegiatan upacara dilaksanakan di Kantor/Lembaga/Instansi Pemerintah pada daerah-daerah dengan status penularan COVID-19 yang sudah terkendali.
  2. Ziarah ke Taman Makam Pahlawan di Yogyakarta (makam DR. Wahidin Soediro Hoesodo) dan di Surabaya (makam DR. Soetomo) usai upacara bendera
  3. Publikasi dan dokumentasi melalui televisi dan radio, dan media sosial masing-masing Kementerian/Lembaga/Pemda.

Asal Usul Peringatan Harkitnas 2022

Melansir dari laman Kominfo, pada tanggal 20 Mei 1948, Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Bodi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Perkumpulan Boedi Oetomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan.

Organisasi ini didirikan oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) pada tahun 1908. Kelahiran organisasi ini menjadi pelopor terciptanya organisasi pergerakan lain di masa selanjutnya seperti Indische Partij, Perhimpunan Indonesia, dan Muhammadiyah.

Alasan pemilihan Harkitnas pada hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo dikarenakan pada masa itu, terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. Sehingga, melalui semangat persatuan yang digagas Boedi Oetomo, diharapkan bisa menjadi kekuatan untuk mencegah perpecahan bangsa Indonesia saat masa Kebangkitan Nasionalisme saat itu.

Demikian ulasan tema Harkitnas 2022 dan informasi peringatan Harkitnas tahun ini. Jangan lupa dicatat, ya.

Simak juga 'DEWG G20 Bahas Isu Konektivitas dan Pemulihan Pascapandemi':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT