ADVERTISEMENT

Harkitnas Tanggal Berapa? Simak Sejarah dan Info Penting Peringatan 2022

Syena Meuthia - detikNews
Selasa, 17 Mei 2022 15:06 WIB
Harkitnas tanggal berapa? Harkitnas 2022 akan diadakan tanggal 20 Mei 2022. Peringatan Harkitnas ke-114 tahun ini akan mengusung tema
Harkitnas Tanggal Berapa? Simak Sejarah dan Info Penting Peringatan 2022 (Foto: Mindra Purnomo)
Jakarta -

Harkitnas tanggal berapa? Hari Kebangkitan Nasional 2022 diperingati pada tanggal 20 Mei 2022. Peringatan Harkitnas ke-114 tahun ini akan mengusung tema 'Ayo Bangkit Bersama'.

Kominfo telah membagikan Pedoman Harkitnas 2022. Lantas, bagaimana sejarah peringatan Hari Kebangkitan Nasional?

Harkitnas Tanggal Berapa? Begini Sejarahnya

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Harkitnas 20 Mei bertepatan dengan lahirnya organisasi Budi Utomo. Organisasi tersebut didirikan oleh Dr Sutomo dan para mahasiswa School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA) pada tanggal 20 Mei 1908.

Kemudian, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Tujuannya agar semangat persatuan yang digagas organisasi tersebut menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa.

Apa Itu Organisasi Boedi Utomo?

Harkitnas tanggal berapa? Harkitnas 2022 akan diperingati pada tanggal 20 Mei 2022. Melansir dari Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo), Boedi Oetomo adalah organisasi pertama di Indonesia yang bersifat nasional dan modern dalam sejarah pergerakan kemerdekaan. Kelahiran organisasi tersebut mempelopori terciptanya organisasi pergerakan di masa selanjutnya, seperti Indische Partij, Perhimpunan Indonesia, dan Muhammadiyah.

Serba-serbi Peringatan Harkitnas 2022

Berdasarkan surat Keputusan Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) nomor 549/M.KOMINFO/HM.04.01/05/2022, tema Harkitnas tahun ini adalah 'Ayo Bangkit Bersama'. Logo pada peringatan Harkitnas 2022 melambangkan semangat yang berkobar, kedamaian, serta awal yang baru.

Kominfo juga telah menyampaikan beberapa pedoman penyelenggaraan peringatan Harkitnas 2022, di antaranya sebagai berikut:

  • Upacara Bendera secara Hybrid
  • Ziarah ke Taman Makam Pahlawan
  • Publikasi dan Dokumentasi baik melalui tv dan radio atau media sosial masing-masing Kementerian/Lembaga/Pemda.

Demikian informasi tentang Harkitnas tanggal berapa, sejarah, dan tema peringatannya tahun ini. Semoga bermanfaat.

(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT