Satpol PP Jakpus Hentikan Razia Masker Usai Adanya Pelonggaran

Anggi Muliawati - detikNews
Kamis, 19 Mei 2022 12:59 WIB
Kasus COVID-19 di Indonesia tembus angka 2 juta. Beragam upaya untuk menekan laju penyebaran Corona pun dilakukan di Ibu Kota. Salah satunya razia masker.
Ilustrasi (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Satpol PP Jakarta Pusat (Jakpus) mulai menghentikan razia masker. Keputusan itu diambil setelah adanya pelonggaran penggunaan masker oleh pemerintah pusat.

"Sementara kemarin, Pak Arifin (Kasatpol PP DKI), dia bilang diperintahnya untuk masker disetop dulu razia," kata Kasatpol PP Jakpus Bernard Tambunan saat dihubungi, Kamis (19/5/2022).

Bernard mengatakan untuk sementara ini operasi tertib masker akan ditiadakan. Dia menyebut pihaknya masih menunggu arahan lanjutan dari pimpinan.

"Kita tunggu arahan lebih lanjut dulu dari pimpinan, pertama. Kedua, kita mau bikin kayak SOP dulu, yang mana yang dulu kita operasi belum ada, kita nggak bisa menebak-nebak apa perkantoran, kita tunggu aturan turunannya dulu," katanya.

Penghentian operasi masker dimulai sejak Rabu (19/5). Meski begitu, Bernard mengimbau masyarakat untuk tetap waspada.

"Iya disesuaikan itulah (penggunaan masker), kami stop dulu mulai kemarin," katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengumumkan kebijakan terbaru tentang penggunaan masker. Jokowi mengizinkan melepas masker ketika beraktivitas di ruangan terbuka.

"Pertama, pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," kata Jokowi dalam video di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5).

Namun, saat berada di dalam ruangan dan transportasi umum, masker tetap harus digunakan.

(lir/lir)