UAS Tetap Anggap Dideportasi Singapura, Ini Alasannya

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 18 Mei 2022 23:36 WIB
UAS ditolak masuk Singapura saat hendak berkunjung bersama keluarganya. Ia sempat ditahan oleh imigrasi Singapura dan tidak diizinkan masuk ke Negeri Singa itu.
Ustaz Abdul Somad (Muhammad Ilman Nafi'an/detikcom)
Jakarta -

Ustaz Abdul Somad (UAS) ditolak masuk Singapura, salah satunya, karena khotbah soal bom bunuh diri. UAS menganggap telah dideportasi oleh pemerintah Singapura.

Anggapan itu disampaikan UAS dalam sebuah video yang diunggah di kanal YouTube Refly Harun, Rabu (18/5/2022). UAS awalnya menjelaskan pemahamannya soal izin masuk dan deportasi.

"Kalau belum ada izin disuruh pulang, itu namanya tidak dapat izin masuk. Kalau sudah ada izin masuk, apakah bisa entry, bisa kerja, bisa liburan, bisa belajar, maka dipulangkan, itu namanya deportasi," kata UAS.

UAS sendiri menganggap telah dideportasi oleh Singapura. Sebab, dia dan keluarganya sudah masuk wilayah negara Singapura.

"Terlepas dari istilah itu, saya mengatakan itu deportasi karena kami sudah masuk, sudah scan paspor, sudah cap dua jempol, dan keluarga, dan sahabat saya sudah menunggu di sana dengan koper," ucap UAS.

"Sudah menunggu 1 jam di sana. Bisa dicek melalui kamera CCTV di ICA (Immigration & Checkpoints Authority) Imigrasi dari mulai pukul 14.30-18.30 waktu Singapura di Pelabuhan Tanah Merah," imbuhnya.

Seperti diketahui, UAS ditolak masuk ke Singapura saat hendak berlibur. Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura Suryopratomo mengungkap bahwa UAS mendapat not to land notice.

Not to land notice ialah peringatan tidak boleh mendarat yang dikeluarkan oleh Immigration & Checkpoints Authority (ICA) Singapura. UAS mendapat not to land notice karena tidak memenuhi kriteria.

"Saya sudah minta penjelasan dari ICA. Menurut mereka, ICA memang menetapkan not to land kepada UAS karena tidak memenuhi kriteria untuk eligible berkunjung ke Singapore," kata Suryopratomo saat dihubungi detikcom, Selasa (17/5/2022).

Penjelasan pemerintah Singapura ada di halaman berikutnya.