Ketua KPU Bicara Fenomena Saling Lapor Jelang Pemilu

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Rabu, 18 Mei 2022 20:54 WIB
Hasyim Asyari
Hasyim Asy'ari (andi/detikcom)
Jakarta -

Ketua KPU Hasyim Asy'ari membicarakan soal adanya fenomena saling lapor para calon peserta pemilu. Jadi, antarpeserta, tim, maupun pendukungnya saling menyerang dan menjatuhkan.

"Sering kali soal lapor-melaporkan ini antarcalon, antarpesaing gitu, ya, kira-kira pasti punya aiblah," kata Hasyim di gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu (18/5/2022).

Hasyim mengatakan setiap peserta pemilu pasti memiliki kelemahan masing-masing. Dia mengatakan beberapa calon biasanya melaporkan calon lawan ke KPK agar mendapatkan publikasi.

"Pasti punya kelemahan, tapi titik-titik kelemahan itu digunakan pada konteksasi, sering kali ada calon, ada pemilu yang melaporkan calon lawan ke KPK, kepada penegak hukum, suapnya, kemudian mendapat publikasi," katanya.

"Supaya yang bersangkutan dikesankan, dicitrakan seolah-olah yang bersangkutan kena masalah hukum," tambahnya.

Lebih lanjut, Hasyim mengatakan pihaknya tentu bekerja berdasarkan asas hukum. Pihaknya tentu tak akan asal memutuskan bahwa calon tersebut terlibat korupsi tanpa ada putusan pengadilan.

"Padahal kita ini termasuk KPU bekerja berdasarkan asas hukum. Jadi kalau orang belum ada putusan A kalau orang itu bersalah karena pidana korupsi, maka kami beranggapan atau husnuzan atau berprasangka baik bahwa orang ini orang baik-baik saja, sepanjang belum ada keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap," ujarnya.

Simak juga 'KPU Pakai Kotak Suara 'Kardus' Lagi di Pemilu 2024, Ini Alasannya':

[Gambas:Video 20detik]



(azh/aik)