KPK Geledah 2 Kantor SPKD Terkait Kasus Suap Walkot Ambon

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Rabu, 18 Mei 2022 19:32 WIB
Plt Jubir KPK, Ali Fikri
Ali Fikri (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

KPK kembali melakukan penggeledahan terkait kasus suap Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy. Kini dua kantor SPKD Pemkot Ambon digeledah.

"Benar, hari ini (18/5) Tim Penyidik KPK kembali melanjutkan upaya paksa penggeledahan di dua kantor SKPD pada Pemkot Ambon," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (18/6/2022).

Ali mengatakan dua kantor tersebut telah disegel KPK. Saat ini penggeledahan masih berlangsung.

"Di mana sebelumnya dua kantor SKPD ini telah diamankan tim penyidik dengan dipasang stiker segel KPK," katanya.

"Proses penggeledahan masih berlangsung dan perkembangan lanjutan dari kegiatan ini berikutnya akan kembali kami informasikan," tambahnya.

Sebelumnya, KPK telah menggeledah ruang kerja Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy dan beberapa lokasi di lingkungan perkantoran Kota Ambon. KPK menemukan sejumlah dokumen aliran uang serta bukti alat elektronik.

"Pada beberapa lokasi dimaksud, ditemukan dan diamankan berbagai bukti, di antaranya sejumlah dokumen terkait keuangan termasuk catatan aliran sejumlah uang dan bukti alat elektronik," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (18/5).

Penggeledahan dilakukan pada Selasa (17/5) kemarin. Penggeledahan dilakukan di ruang kerja Sekretariat Wali Kota Ambon; ruang kerja Kepala Dinas dan Sekretariat Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan; ruang kerja Kepala Dinas dan staf kantor Dinas Perhubungan; ruang kerja Kepala Dinas dan staf kantor BPKAD; serta beberapa ruangan kerja di kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman.

Lalu, penyidik juga melakukan penggeledahan di kantor PT Midi Utama Indonesia cabang Ambon pada Jumat (13/5). KPK menemukan bukti berupa dokumen dan alat elektronik.

"Dari lokasi ini, ditemukan dan diamankan berbagai bukti diantaranya dokumen dan juga alat elektronik," kata Ali.

Simak juga 'KPK Pergoki Pegawai Pemkot Ambon Bakar Berkas Diduga Soal Suap Wali Kota':

[Gambas:Video 20detik]



(azh/dwia)