Dinkes Jakpus Pastikan 2 Warganya Tidak Terpapar Hepatitis Misterius

Anggi Muliawati - detikNews
Rabu, 18 Mei 2022 10:13 WIB
Sejumlah pegawai kantoran yang berlokasi di kawasan Sudriman, Jakarta Pusat, usai meninggalkan kantor mereka, Senin (9/5/2022). Hari ini merupakan hari pertama kerja setelah usainya libur lebaran 1443 H. Grandyos Zafna/detikcom
Ilustrasi di kawasan Jakarta Pusat (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat (Jakpus) mengindikasikan ada dua pasien yang diduga mengalami hepatitis misterius. Terkini, kedua pasien itu sudah dinyatakan negatif dari hepatitis misterius dan ternyata terjangkiti penyakit lain.

"Bukan (hepatitis misterius). Pemeriksaannya negatif, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan diketahui gejala tersebut disebabkan oleh penyakit lain," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat Erizon Safari kepada wartawan, Rabu (18/5/2022).

Erizon mengatakan saat ini belum ada alat untuk memeriksa hepatitis misterius. Dia memastikan kedua pasien itu mengidap penyakit lain.

"Jadi kita sampai sekarang ini belum tahu alat untuk memeriksa sakit itu, jadi ada sifatnya praduga. Nah, praduga itu terpisahkan dengan ditemukan penyakit lain," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat mengungkap ada dua kasus diduga terjangkit hepatitis misterius. Dua pasien tersebut asal Kecamatan Sawah Besar.

"Memang ada dua kasus probable dengan domisili di Kecamatan Sawah Besar dan satu kasus suspek dengan domisili di Kecamatan Kemayoran," ujar Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat Erizon Safari kepada wartawan, Rabu (11/5).

Erizon mengatakan dua kasus ini masuk dalam data 21 kasus di Jakarta yang disampaikan Wagub Riza Patria. Dia menyebut dua pasien probable hepatitis akut itu masih dalam perawatan.

"Saat ini masih dalam perawatan di RS Hermina Podomoro," kata dia.

Simak video 'Kemenkes Sebut Hepatitis Akut Misterius Bisa Menyebar Lewat Udara':

[Gambas:Video 20detik]



(rak/rak)