Singapura Sebut UAS Ekstremis, Fadli Zon: Pelecehan Ulama

Haris Fadhil - detikNews
Rabu, 18 Mei 2022 08:28 WIB
Fadli Zon
Fadli Zon. (Farih/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Singapura menjelaskan mengapa negaranya menolak Ustaz Abdul Somad Batubara atau UAS ke negeri mereka. Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Gerindra Fadli Zon menilai sikap Negeri Singa terkesan memojokkan identitas UAS.

"Sikap Singapura yang menghakimi sepihak menunjukkan negara itu tak menghormati hubungan bertetangga baik. Orang bisa berpandangan bahwa Singapura terpapar Islamofobia bahkan rasis," kata Fadli Zon kepada wartawan, Rabu (18/5/2022).

Ketua BKSAP DPR RI itu mempertanyakan hak Singapura 'mengadili' Abdul Somad. Padahal, kata Fadli Zon, selama ini UAS tak terlibat kasus hukum di Tanah Air.

"UAS dikenal sebagai seorang ulama terkemuka, intelek dan berwawasan kebangsaan yang luas. Tak ada kasus hukum di Indonesia. Hak apa negara negara itu menghakimi UAS?" ujarnya.

Fadli Zon mengkritik sikap Singapura yang sama-sama anggota ASEAN. Dari polemik Abdul Somad ditolak masuk ke Singapura, Fadli menyinggung citra Indonesia di ASEAN.

"Ini pelecehan terhadap WNI khususnya ulama Indonesia. Selain tak demokratis, sikap Singapura jauh dari spirit ASEAN. Ini juga berarti Indonesia semakin dipandang sebelah mata dan semakin tak berwibawa di ASEAN," imbuhnya.

Jawaban Singapura Tolak UAS

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Singapura buka suara soal alasan menolak Ustaz Abdul Somad. Kemendagri Singapura mengungkap pandangannya soal sosok UAS.

Pernyataan Kemendagri Singapura itu dirilis melalui situs resminya. Singapura awalnya menjelaskan soal kedatangan UAS di Terminal Feri Tanah Merah Singapura pada 16 Mei.

"Kementerian Dalam Negeri (MHA) memastikan bahwa Ustadz Abdul Somad Batubara (Somad) tiba di Terminal Feri Tanah Merah Singapura pada 16 Mei 2022 dari Batam dengan enam pendamping perjalanan. Somad diwawancarai, setelah itu kelompok tersebut ditolak masuk ke Singapura dan ditempatkan di feri kembali ke Batam pada hari yang sama," demikian pernyataan Kemendagri Singapura, Selasa (17/5).

Simak video 'Ini 3 Hal Alasan Singapura Tolak UAS':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: