Wagub DKI Imbau Warga Tak Beli Buku Bajakan: Hargai Hak Cipta

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 17 Mei 2022 23:48 WIB
Riza dalam konferensi pers bersama Delegasi Komite Eksekutif dan Panitia Pelaksana IPA World Congress 2022 di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta
Riza dalam konferensi pers bersama Delegasi Komite Eksekutif dan Panitia Pelaksana IPA World Congress 2022. (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengimbau masyarakat tak membeli buku bajakan. Riza meminta masyarakat menghargai hak cipta para penulis maupun penerbit buku.

Hal ini disampaikan Riza dalam konferensi pers bersama Delegasi Komite Eksekutif dan Panitia Pelaksana IPA World Congress 2022 di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta. Riza awalnya menyampaikan dirinya kerap menerima keluhan dari kalangan penulis hingga penerbit soal maraknya pembajakan buku.

"Setiap saya bertemu penulis, penerbit, pegiat literasi, keluhannya mereka sama 'tolong jangan beli buku bajakan'. Hargai hak cipta," kata Riza, Selasa (17/5/2022).

Riza menyadari betapa sulitnya menulis satu karya buku. Oleh karena itu, dia berharap masyarakat memiliki pemahaman menghindari pembelian buku bajakan.

"Bikin buku itu nggak gampang, keluarganya pasti sering protes, karena penulisnya masih menulis sampai larut malam," ujarnya.

"Tolong jangan beli buku bajakan, hargai hak cipta," sambungnya.

Sebagai informasi, DKI Jakarta menjadi tuan rumah Kongres Dunia IPA pada November 2022 mendatang. Nantinya anggota IPA akan datang dari 73 negara dengan 1.500 lebih penerbit.

"Bisa belajar bersama, sharing ide dan gagasan serta merumuskan dan menemukan solusi dari banyaknya problem di perbukuan kita," ungkap Riza.

IPA merupakan acara dua tahunan terbesar untuk mengumpulkan federasi penerbit di seluruh dunia. Kongres Dunia IPA membangun platform bagi penerbit dunia untuk menyuarakan, berdiskusi, dan berkolaborasi dalam isu-isu penting tentang industri, tantangan, dan peluangnya, terutama di era pascapandemi.

(taa/lir)