Pegawai Kejari Cilegon Modus Selundupkan Sabu ke Lapas di Charger HP

M Iqbal - detikNews
Selasa, 17 Mei 2022 21:40 WIB
Ilustrasi narkoba, sabu putau ganja
Foto Ilustrasi (Mindra Purnomo/detikcom)
Cilegon -

Seorang pegawai Kejari Cilegon berinisial SN tertangkap membawa sabu ke Lapas Cilegon. Pelaku menyembunyikan sabu di dalam charger ponsel.

SN tertangkap membawa sabu saat hendak masuk ke Lapas untuk menyiapkan sidang online salah satu terdakwa. Petugas keamanan Lapas kemudian memeriksa barang bawaan dan tubuh SN. Petugas saat itu curiga dengan bentuk pengisi daya ponsel yang bentuknya tak biasa.

"Dikemas di dalam charger HP dimasukkan di sana, cuma alhamdulillah dengan ketelitian anggota baru kedapatan ada benda kristal putih diduga sabu-sabu. Itu isinya sudah dibongkar baru dimasukkan (sabu-sabu)," kata Kapalas Cilegon, Sudirman Jaya, saat dikonfirmasi, Selasa (17/5/2022).

SN kemudian langsung diamankan. Hasil pemeriksaan pihak Lapas, sabu tersebut memiliki berat sekitar 5 gram. Petugas Lapas kemudian menghubungi Ditnarkoba Polda Banten untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Itu suda kita serahkan langsung ke pihak Polda untuk pengembangan apakah betul untuk napi di dalam atau alibi. Beratnya perkiraan sekitar 5 gram," ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Seksi Intelijen Kejari Cilegon Atik Ariyosa membenarkan pegawainya tertangkap membawa sabu ke Lapas. Dia menegaskan SN bukan jaksa hanya pegawai Tata Usaha.

"Bahwa statusnya pegawai Tata Usaha bukan jaksa, tugasnya mengawal terdakwa yang di Lapas Cilegon ketika ada sidang online," katanya.

Pelaku kini masih dalam pemeriksaan oleh penyidik Ditnarkoba Polda Banten. Pihak Kejaksaan masih menunggu penyelidikan yang dilakukan polisi.

"Saat ini sedang dalam penelitian pihak kepolisian, perkembangan selanjutnya akan disampaikan," ujarnya.

Simak juga 'Perwira Polisi di Padang Ditangkap Saat Pesta Sabu':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)