Syarief Hasan: Jadikan Tahun Politik 2024 Ajang Kompetisi Penuh Toleransi

Nada Zeitalini - detikNews
Selasa, 17 Mei 2022 21:21 WIB
Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan menghadiri acara Temu Masyarakat Kota Bogor di Bukit Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (16/4).
Foto: Dok. MPR RI
Jakarta -

Wakil Ketua MPR RI Sjarifuddin Hasan mengingatkan Pemilihan Umum (pemilu) 2024 semakin dekat. Bahkan menurutnya nuansanya sudah sangat terasa saat ini dengan gencarnya seluruh partai politik dalam mempersiapkan diri.

Pria yang akrab disapa Syarief Hasan ini menyebut berbagai teknik, strategi, dan metode digunakan partai politik untuk ikut berkompetisi dan meraih suara sebanyak-banyaknya dalam pesta demokrasi lima tahun sekali tersebut.

"Hal itu adalah wajar, yang saya harapkan adalah agar perjuangan yang dilakukan seluruh parpol memiliki satu tujuan bersama yakni demi kepentingan rakyat Indonesia secara keseluruhan," kata Syarief Hasan dalam keterangannya, Selasa (17/5/2022).

Dalam hal ini ia menegaskan bahwa warna, logo, dan atribut parpol boleh berbeda. Akan tetapi perbedaan itu tidak lantas membuat bangsa ini menjadi terpecah belah, justru semakin memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

"Satu lagi yang harus disyukuri adalah, pemilu 2024 berjalan sesuai jadwal yang sudah disepakati bersama dan tertuang secara jelas dalam konstitusi kita. Saya rasa, Itu adalah bentuk penghormatan seluruh elemen bangsa kepada konstitusi dan akan menjadi pembelajaran yang baik buat generasi mendatang," ujarnya.

Syarief Hasan menekankan, pembelajaran politik yang baik kepada generasi muda adalah faktor penentu kedewasaan politik Indonesia di masa depan. Suksesnya penyelenggaraan dan sehatnya kompetisi pada Pemilu 2024 akan terekam dan menjadi teladan bagi generasi milenial.

"Untuk itu, saya mengajak seluruh parpol dan penyelenggara pemilu untuk menjadikan tahun politik 2024 menjadi ajang kompetisi yang saling menghargai, menghormati, penuh toleransi. Dan kepada rakyat Indonesia agar berperan aktif mendukung penuh pesta demokrasi 2024. Pilihlah parpol yang sesuai nurani masing-masing dengan tetap menjaga persatuan bangsa," tandasnya.

(akn/ega)