Pesan Syarief Hasan Jelang Pemilu 2024: Harus Saling Menghormati

Erika Dyah Fitriani - detikNews
Senin, 16 Mei 2022 21:17 WIB
Syarief Hasan
Foto: dok. MPR RI
Jakarta - Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan menekankan pentingnya politik santun menjelang pemilu 2024. Ia berpesan, santun dalam berpolitik merupakan bagian penting yang harus diimplementasikan oleh anggota partai.

Lebih lanjut, Syarief menjelaskan berpolitik santun adalah sikap saling menghargai dan menghormati meskipun saling berbeda pendapat dan pandangan.

"Sekalipun ada wacana persaingan namun kita harus saling menghormati," ujar Syarief dalam keterangannya, Senin (16/5/2022).

Hal ini disampaikan oleh anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat ini saat memberi pembekalan dalam 'Pendidikan Politik Partai Demokrat Jawa Barat dan Halalbilhalal 1443 H' pada Minggu (15/5). Kegiatan ini berlangsung di Padalarang, Bandung, Jawa Barat.

Ia menegaskan politik yang santun penting demi kebersamaan dan persatuan. Menurutnya, bagaimanapun juga, para politisi adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Semua adalah bagian dari NKRI, berbeda tetapi tetap bersama," paparnya.

Syarief pun menambahkan politik yang santun baginya diwujudkan tidak hanya ke dalam partai. Namun juga ke luar partai. Dalam kegiatan kali ini, Menteri Koperasi dan UMKM masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mengungkap acara ini digelar untuk memberikan pembekalan, pemahaman, dan persiapan kepada politisi dari Partai Demokrat mengenai bagaimana menghadapi tahun 2024.

"Kita lakukan konsolidasi," tegasnya.

Ia berharap peserta kegiatan yang hadir dapat membawa perubahan bangsa menuju yang dicita-citakan. Untuk itu, ia menekankan pentingnya menyatukan visi dan misi. Menurutnya, dalam mengapai masa depan semua boleh saja bermimpi namun harus tetap sesuai dengan realita yang ada.

Syarief menilai masa depan penuh tantangan yang tidak mudah. Meski demikian, banyak jalan untuk menggapainya bila semua bekerja keras dan konsisten dalam bertindak. Oleh karena itu, ia menegaskan perlunya menunjukkan etos dan aksi nyata inilah. Dengan politik yang santun, kebersamaan, kerja keras, dan konsisten dalam bertindak, Syarief optimistis tahun 2024 akan lahir pemimpin baru.

Sebagai informasi, kegiatan yang digelar kali ini turut dihadiri oleh anggota MPR dari Fraksi Partai Demokrat lainnya, seperti Herman Khaeron, Dede Yusuf, Anton Sukartono Suratto, serta Ketua Partai Demokrat dari seluruh kabupaten dan kota di Jawa Barat.

Syarief menilai pertemuan ini sangat penting untuk membangun satu tujuan serta halal bilhalal. Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengucapkan minal aidin walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin.

Lihat juga video ''Sentilan' Jokowi-Ma'ruf untuk Menteri yang Mulai Sibuk Kampanye':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)