Menkes Beri Sinyal Relaksasi Lain Usai Pelonggaran Masker, Asalkan...

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 17 Mei 2022 19:15 WIB
Jakarta -

Pemerintah membolehkan tidak memakai masker di luar ruangan. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga memberikan sinyal soal adanya relaksasi selanjutnya.

Menkes Budi awalnya menjelaskan soal pemerintah yang kini membolehkan tidak menggunakan masker saat berkegiatan di luar ruangan atau tempat terbuka yang tidak padat orang. Selain itu, pelaku perjalanan dalam negeri atau luar negeri yang sudah divaksinasi lengkap tidak perlu tes PCR atau antigen.

Budi menjelaskan kedua keputusan ini adalah keputusan penting. Keduanya merupakan langkah awal untuk transisi dari pandemi menuju endemi.

"Ini adalah dua keputusan penting yang merupakan langkah awal untuk transisi dari pandemi menuju endemi," kata Menkes Budi dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5/2022).

Nantinya pemerintah akan memantau kondisi ke depan. Pemerintah akan melakukan relaksasi lain jika kondisi membaik.

"Yang nanti kita lihat ke depannya kondisi penularan kasus COVID-19 makin lama makin terkendali. Yang masuk rumah sakitnya makin lama makin sedikit. Kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan dirinya sendiri semakin tinggi, kita bisa melakukan langkah-langkah relaksasi lainnya," tuturnya.

Menkes Budi menjelaskan relaksasi ini akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan kondisi yang ada. Sebab, mungkin masyarakat akan tinggal bersama virus COVID-19 sampai 15 tahun lagi.

"Yang secara bertahap akan membuat hidup kembali normal. Hidup kita yang bisa bersama-sama virus ini yang mungkin akan ada 5 tahun, 10 tahun, 15 tahun lagi lama bersama kita seperti virus lainnya tapi kita bisa mengetahui bagaimana menangani virus ini," ungkapnya.

(rdp/imk)