Rasa Syukur Pedagang Pasar Bogor Terima Bantuan dan Tongkat dari Jokowi

M Sholihin - detikNews
Selasa, 17 Mei 2022 18:42 WIB
Jokowi memberi bantuan berupa tongkat ke pedagang kelontong bernama Agus Katamso (54) yang merupakan penyandang disabilitas (M Sholihin/detikcom)
Jokowi memberi bantuan berupa tongkat ke pedagang kelontong bernama Agus Katamso (54) yang merupakan penyandang disabilitas. (M Sholihin/detikcom)
Bogor -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, dan Pasar Gunung Batu, Kota Bogor. Di sana Jokowi mengecek ketersediaan dan harga minyak goreng serta membagikan bantuan langsung tunai (BLT) dan sembako kepada masyarakat.

Lokasi pertama yang dikunjungi Jokowi adalah Pasar Cibinong, yang berlokasi di Jalan Jakarta-Bogor, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Setelah mengecek harga minyak goreng dan membagikan bantuan, Jokowi beserta rombongan meluncur ke Pasar Gunung Batu.

Pantauan detikcom, rombongan Jokowi tiba di Pasar Gunung Batu, Kota Bogor, sekitar pukul 15.35 WIB. Jokowi didampingi Menteri Sosial Tri Rismaharini, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum, dan Wawalkot Bogor Dedie A Rachim.

Kedatangan Jokowi disambut histeris warga yang sudah lama menunggu orang nomor 1 di Indonesia ini. Jokowi tampak menyempatkan diri menyapa masyarakat di depan pintu masuk Pasar Gunung Batu.

Jokowi memberi bantuan berupa tongkat ke pedagang kelontong bernama Agus Katamso (54) yang merupakan penyandang disabilitas (M Sholihin/detikcom)Presiden Jokowi mengunjungi dua pasar di Bogor untuk mengecek ketersediaan dan harga minyak goreng serta membagikan BLT dan sembako kepada masyarakat. (M Sholihin/detikcom)

Sesaat kemudian, Jokowi menemui dan berbincang dengan warga penerima bantuan yang berada di tenda. Jokowi langsung memberikan bantuan berupa sembako dan uang tunai untuk modal usaha.

Jokowi Beri Tongkat ke Pedagang Disabilitas

Pedagang kelontong asal Gunung Batu bernama Agus Katamso (54) mengaku sangat bersyukur mendapat bantuan langsung dari Jokowi. Pedagang yang masuk kategori disabilitas ini mendapat bantuan langsung dari Jokowi berupa tongkat untuk membantunya berjalan serta modal usaha sebesar Rp 4 juta.

"Perasaannya alhamdulillah, sangat bersyukur ya. Dapet bantuan buat bisa mengembangkan usaha sehari-sehari. Semoga ke sananya lancar dan ada lagi bantuan," kata Agus ditemui di Pasar Gunung Batu Kota Bogor, Selasa (17/5/2022).

"Tadi Pak Jokowi pesan, katanya pergunakan ini (tongkat) dengan baik, insyaallah ke depannya mendapat lagi. Saya bilang terima kasih banyak, mudah-mudahan berkah," tambahnya.

Jokowi dan rombongan kemudian menuju lantai dua Pasar Gunung Batu untuk mengecek langsung ketersediaan dan harga minyak goreng di Pasar Gunung Batu.

Jokowi memberi bantuan berupa tongkat ke pedagang kelontong bernama Agus Katamso (54) yang merupakan penyandang disabilitas (M Sholihin/detikcom)Dalam kunjungannya ke Pasar Gunung Batu, Jokowi juga membagikan paket sembako berisi beras, minyak goreng, biskuit, dan gula pasir kepada ratusan warga (M Sholihin/detikcom)

"Tadi beliau ke atas (lantai 2 Pasar Gunung Batu) cek harga minyak. Kelihatannya harga minyak di Kota Bogor kisaran harganya Rp 14.500 hingga Rp 18 ribu di Kota Bogor," kata Wawalkot Bogor Dedie setelah mendampingi Jokowi.

"Beliau tadi menanyakan langsung ke pedagang, (harga migor) tadi ada yang Rp 14.500 per kilogram, jadi sangat bervariatif (harga migor), Rp 14-18 ribu. Tetapi secara umum kunjungan beliau alhamdulillah aman, masyarakat juga antusias," tambahnya.

Dalam kunjungannya ke Pasar Gunung Batu, Jokowi juga membagikan paket sembako berisi beras, minyak goreng, biskuit, dan gula pasir kepada ratusan warga.

"Jadi Kita ucapkan terima kasih, Kota Bogor sangat apresiasi kehadiran beliau di situasi yang masih sangat sulit, di tengah pandemi yang berkepanjangan dan kondisi ekonomi yang belum sepenuhnya pulih," kata Dedie.

Simak juga 'Jokowi Bolehkan Masyarakat Lepas Masker di Luar Ruangan':

[Gambas:Video 20detik]




(jbr/imk)