PKS Minta Dubes Singapura Klarifikasi soal UAS Dideportasi

ADVERTISEMENT

PKS Minta Dubes Singapura Klarifikasi soal UAS Dideportasi

Nahda Rizki Utami - detikNews
Selasa, 17 Mei 2022 14:27 WIB
Ketua Fraksi PKS
Jazuli Juwaini (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini meminta Dubes Singapura memberikan penjelasan soal Ustaz Abdul Somad (UAS) yang mengaku dideportasi Singapura. Menurutnya, harus ada alasan yang jelas mengapa UAS dideportasi.

"Tentunya harus ada alasan jelas mengapa seseorang dilarang masuk atau 'dideportasi' dari suatu negara. Apalagi UAS seorang ulama dan intelektual terhormat di Indonesia," kata Jazuli melalui keterangan tertulis, Selasa (17/5/2022).

"Jangan sampai ada alasan yang tidak mendasar, like and dislike, dan praduga yang tidak jelas atau tidak ada buktinya," sambungnya.

Jazuli menyebutkan UAS merupakan salah satu ulama yang dihormati. Oleh karena itu, wajar jika banyak masyarakat yang mempertanyakan kejadian tersebut.

"Ustaz Abdul Somad ini ulama yang dihormati dan memiliki banyak jemaah di Tanah Air. Wajar jika banyak yang mempertanyakan dan memprotes perlakuan otoritas Singapura tersebut," ujar Jazuli.

Lebih lanjut, Jazuli memastikan PKS akan menanyakan langsung kepada Dubes Singapura melalui Kementerian Luar Negeri terkait kejadian deportasi yang dialami UAS. Hal itu agar tidak muncul spekulasi yang kontraproduktif dan mengganggu hubungan baik kedua negara.

"Sehingga ini berlaku bagi siapa saja warga negara kita, bukan hanya UAS," tutur Jazuli.

"Fraksi PKS akan menanyakan langsung kepada Dubes Singapura di Jakarta melalui Kemenlu," tambahnya.

Imigrasi tengah melakukan pengecekan terkait hal itu, simak di halaman berikutnya.

Lihat Video: Dubes RI Tegaskan UAS Bukan Dideportasi Dari Singapura

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT