detikcom Do Your Magic

Apa Kampung Susun Bayam Terbuka untuk Penghuni Bedeng Rel Belakang JIS?

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 17 Mei 2022 12:40 WIB
Bedeng-bedeng pinggir rel belakang JIS, 24 Februari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)
Bedeng-bedeng pinggir rel belakang JIS, 24 Februari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)
Jakarta -

Bedeng-bedeng pinggir rel belakang Stadion JIS bakal dibongkar. Di sisi lain, pembangunan Kampung Susun Bayam sudah dimulai setelah Gubernur Anies Baswedan melakukan peletakan batu pertama. Akankah nantinya pintu Kampung Susun Bayam terbuka bagi penghuni bedeng-bedeng pinggir rel itu?

Bedeng-bedeng itu menghuni lahan pinggir rel milik PT Kereta Api Indonesia (KAI), lokasinya ada di Kelurahan Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Di kawasan itu, bakal dibangun pintu Tol Dalam Kota, demikian dijelaskan pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kepada detikcom, 21 Maret lalu.

Saat itu, warga setempat menyatakan sudah menerima sosialisasi dari Kementerian PUPR. Penertiban menunggu pendataan paling lambat 250 hari terhitung sejak bulan itu.

detikcom Do Your Magic juga pernah bertanya kepada Ketua RT 010 RW 08 Papanggo, Haji Hazhirin. Dia menjelaskan, sebagian penghuni bedeng-bedeng itu memang berasal dari sekitar proyek JIS.

"Iya memang ilegal mereka itu, karena bisa dicek mereka itu masuk ke RT mana dan kelurahan mana, yang berada di bekas gusuran JIS itu mereka pindah ke bagian rel buat gubuk," kata Hazhirin pada Kamis, 27 Januari lalu.

Bedeng-bedeng pinggir rel belakang JIS, 24 Februari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)Bedeng-bedeng pinggir rel belakang JIS, 24 Februari 2022. (Marteen Ronaldo Pakpahan/detikcom)

Soal sejak kapan warga tersebut menempati kawasan pinggir rel, dia mengaku tidak tahu persis. "Saya kurang tahu ceritanya seperti apa, tetapi yang pasti dulu mereka tinggal di bangunan kumuh juga dekat Rumah Sakit Ancol itu. Nah setelah itu mereka pindahlah ke sini," kata dia.

Setelah menghuni daerah itu, dimulailah pembangunan JIS. Mereka kemudian pindah lagi dan akhirnya menempati daerah pinggir rel. Penduduk pinggir rel angkatan terbaru dia amati mulai muncul sejak beberapa bulan lalu.

Sementara ini, pembangunan Kampung Susun Bayam masih terus dilakukan. Gubernur Jakarta Anies Baswedan sudah melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kampung Susun Bayam pada 7 April lalu.

Anies menargetkan pembangunan hunian untuk Kampung Bayam tersebut selesai pada September tahun ini. Hunian tersebut diperuntukkan buat 138 keluarga dengan bangunan hunian seluas empat lantai.

Anies Baswedan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kampung Susun Bayam dekat JIS, 7 Mei 2022. (Fakri Fadlurrohman/detikcom)Anies Baswedan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kampung Susun Bayam dekat JIS, 7 Mei 2022. (Fakri Fadlurrohman/detikcom)

"Gini, kita membangun kawasan Jakarta International Stadium (JIS) itu semuanya, baik JIS maupun untuk hunian warga yang dulunya tinggal di sekitar sini, di Kampung Bayam, dan memang proses pembangunannya ada tahapan. Sekarang adalah fase untuk pembangunan kampung susun," ujar Anies, saat itu.

Lantas, apakah nantinya warga yang kini menghuni bedeng-bedeng pinggir rel belakang JIS juga bakal bisa menghuni Kampung Susun Bayam?

Lihat juga Video: Kisah kak Toto, Terangi Jalan Anak Autis Dengan Lukisan

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/aik)