ADVERTISEMENT

Ridwan Kamil Dinilai Berpeluang Jadi Cawapres Koalisi Indonesia Bersatu

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 17 Mei 2022 06:48 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga seorang arsitek, menyebut Jakarta International Stadium (JIS) keren. Kang Emil pun memberi dua jempolnya untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Ridwan Kamil (Foto: 20Detik/Aulia Risyda)
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) mengunjungi 2 pimpinan parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatau, Airlangga Hartarto dan Zulkifli Hasan (Zulhas). Kunjungan itu dinilai sebagai usaha Ridwan Kamil untuk mendapatkan dukungan agar bisa maju di pilpres 2024.

Peneliti politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno, menyebut RK bisa saja diusung oleh Koalisi Indonesia Bersatu. Akan tetapi, kata Adi, posisi yang paling memungkinkan bagi RK adalah cawapres.

"Sepertinya RK terus melakukan kerja-kerja politik untuk mendapatkan dukungan partai maju pilpres 2024 mendatang. Hanya melalui poros Koalisi Indonesia Bersatu inilah nama RK masih relatif bisa dibicarakan. Meski tak mudah, posisi cawapres bagi Airlangga masih sangat terbuka untuk RK," kata Adi kepada wartawan, Senin (16/5/2022).

Adi lalu menyinggung peluang RK akan diusung oleh partai lain. Dia menilai peluang RK akan diusung oleh PDIP dan Gerindra sudah tertutup rapat, begitu juga dengan NasDem.

"Di koalisi ini masih serba terbuka dibicarakan banyak kemungkinan. Karena di poros yang lain sepertinya semua pintu tertutup rapat bagi RK," sebut Adi.

"Misalnya poros PDIP-Gerindra sudah mematok duet Prabowo-Puan atau kemungkinan Ganjar-Sandiaga. Empat nama beser yang sulit ditembus RK. Begitupun dengan poros yang kemungkinan dibuat NasDem yang akan segera mengumumkan 3 capres, tak ada nama RK di situ, jelasnya.

Berdasarkan analisis di atas, Adi menilai kunjungan RK ke Airlangga dan Zulhas adalah bagian usaha keras RK untuk maju pilpres 2024. Dia menilai RK minimal mengincar kursi cawapres.

"Jadi, kunjungan RK ke Airlangga kemudian ke PAN bagian usaha keras RK maju pilpres. Minimal mengincar posisi cawapres Airlangga Hartarto. Tapi saya kira, RK tak sendiri minat gabung koalisi ini, pasti ada nama-nama besar lain nantinya yang juga berkomunikasi ke Golkar, PAN, dan PPP," sebutnya.

RK Kunjungi Zulhas dan Airlangga

Pada Minggu (15/5) kemarin, Ridwan Kamil mengunjungi rumah dinas Ketum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan di Komplek Widya Chandra II, Kuningan, Jakarta Selatan. Dalam pertemuan tersebut, Zulkifli Hasan mengakui ada pembahasan soal Capres dan Cawapres 2024.

"Tadi memang ada diskusi soal itu. Tapi bagi koalisi ini, soal capres dan cawapres itu masih lama, masih jauh." Kata Zulkifli Hasan kepada wartawan, Minggu (15/5).

Simak video 'Momen Ridwan Kamil-Zulhas Joged 'Senam Abang Parkir'':

[Gambas:Video 20detik]



Baca selengkapnya pada halaman berikut.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT