Ditata Lebih Rapi, Pasar Petak Sembilan Jakbar Bakal Direvitalisasi

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 16 Mei 2022 22:25 WIB
Warga berjalan melintasi lapak pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta, Selasa (5/4/2022). Sebanyak 160 PKL di kawasan Petak Sembilan rencananya akan direlokasi ke Pasar Glodok agar jalan tersebut bisa dilalui kendaraan mobil dan motor, sejalan dengan penataan kawasan Kota dalam menyambut Stasiun MRT Taman Sari. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Pasar Petak Sembilan Glodok, Jakbar (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta -

Pemkot Jakarta Barat (Jakbar) berencana merevitalisasi Pasar Petak Sembilan di Glodok, Jakbar. Revitalisasi dilakukan karena pasar itu menjadi ikon di kawasan Pecinan, Taman Sari.

Camat Taman Sari, Agus Sulaeman mengatakan rencana revitalisasi itu telah disepakati oleh pedagang yang tergabung dalam Paguyuban Pedagang Pasar Petak Sembilan. Nantinya, kata dia, penataan pasar bakal mengangkat kearifan lokal dari kawasan Pecinan.

"Kita sudah ada kesepakatan dengan pedagang untuk mengangkat kearifan lokal dan ikon-ikon yang ada di Pecinan, terus Petak Enam, Gang Gloria, kemudian Petak Sembilan. Rencana memang akan direvitalisasi, ditata supaya jauh lebih baik," kata Agus saat dihubungi, Senin (16/5/2022).

Untuk saat ini, pihaknya bakal melakukan diskusi mendalam bersama pihak terkait, terutama para pedagang kaki lima (PKL) di sekitar kawasan tersebut. Prinsipnya, kata dia, revitalisasi dilakukan supaya kawasan terlihat rapi dan tertata sehingga aktivitas pedagang dan pembeli berjalan aman dan nyaman.

"Tapi konsepnya belum, karena prinsip penataan kan, ini baru dilaporkan ke Pak Wali, harus ada kita minta masukan ke PKL dan segala macam," ujarnya.

Agus juga meyakini revitalisasi Pasar Petak Sembilan dapat menunjang kawasan Pecinan, Taman Sari, yang ditetapkan sebagai desa wisata terbaik di RI. Rencananya, program ini bakal memakai dana CSR.

"APBD kan kita lihat belum ada anggaran nih sekarang, tapi kalau perlu percepatan harus ada kolaborator, CSR. Untuk cair CSR tidak gampang, perlu dukungan seluruh pihak," pungkasnya.

(taa/fas)