Rayakan Imlek, Jemaat Vihara Dharma Bakti Lakukan Tradisi Lepas Burung Pipit

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 01 Feb 2022 13:16 WIB
Jemaat Vihara Dharma Bakti Lakukan Tradisi Lepas Burung Pipit.
Jemaat Vihara Dharma Bakti Lakukan Tradisi Lepas Burung Pipit (Karin/detikcom)
Jakarta -

Jemaat Vihara Dharma Bhakti di Jalan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat (Jakbar), mulai berdatangan untuk melakukan ibadah tahun baru Imlek 2573 Kongzili. Salah satu warga Tionghoa, Hendra Tanamal (65), melepaskan burung saat melakukan ibadah.

Menurut Hendra, pelepasan burung tersebut sebagai bentuk welas asih. Selain itu, pelepasan burung tersebut sebagai bentuk doa.

"Ya, kita melepas burung, kan, ya, punya welas asih, ya. Burung itu, kan, juga punya nyawa, ya, ya, kita lepas itu untuk kehidupan kita ke depan bisa lebih baik," ungkap Hendra saat ditemui di lokasi, Selasa (2/1/2022).

Burung tersebut juga berati agar kehidupannya bisa bebas. Dia berharap, dengan pelepasan burung tersebut, tahun ini bisa lebih baik dibanding tahun lalu.

"Ya lebih baik dari tahun kemarin. Ya nggak ada lagi kan kalau seumur saya kan sudah nggak punya cita-cita, ya. Iya semoga kalau dalam segi ekonomi bisa bantu orang lain lah ya," sambungnya.

Warga lainnya, Liem (25), mengaku bersyukur masih bisa merayakan tahun baru Imlek tahun ini. Dia berharap pada tahun 'Macan Air' ini, warga DKI Jakarta bisa mendapatkan kemakmuran walaupun di tengah pandemi.

"Mudah-mudahan di tahun macan air seluruh warga DKI Jakarta bahkan Indonesia bisa mendapatkan kemakmuran walau di tengah pandemi. Dan mudah-mudahan ini jadi momentum bersama untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa," ungkapnya.

"Saya cukup senang karena saya bisa melihat orang-orang dalam keadaan sehat dan berkumpul untuk berdoa bersama," sambungnya.

Polisi Lakukan Pengamanan di Kawasan Pecinan Jakarta

Pemerintah Provinsi bakal mengadakan festival Imlek sebagai bentuk perayaan Imlek 2573 Kongzili di Kawasan Pecinan Jakarta. Nantinya polisi bakal melakukan pengamanan di lokasi tersebut.

"Kemarin sudah dilakukan rapat awal oleh tiga pilar Kecamatan Taman Sari tepatnya pelaksanaan di Kota Tua. Sama kita akan lalukan pengamanan sesuai situasi saat ini, prokes kapasitas orang kemudian aplikasi PeduliLindungi dan lain-lain tetap kita lakukan," ujar Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo di Vihara Dharma Bakti, Jakarta Barat, Selasa (1/2/2022).

Kemudian dalam melakukan pengamanan di kawasan Pecinan, Jakarta Barat sendiri menurunkan sekitar 750 personel gabungan. Terdiri dari Pemkot, Kodim, BKO, Polda dan Brimob.

(ain/idn)