Wanita 'Serba Putih' Minta Uang Ternyata Korban Pinjol Terlilit Utang

Tim detikcom - detikNews
Senin, 16 Mei 2022 22:06 WIB
Wanita berpakaian serba putih berkeliling minta uang di Lampung (dok: Polda Lampung)
Foto: Wanita berpakaian serba putih berkeliling minta uang di Lampung (dok: Polda Lampung)
Jakarta -

Video wanita berpakaian serba putih yang berkeliling dari satu rumah ke rumah menghebohkan masyarakat. Video itu viral dan menjadi perbincangan di media sosial.

Dalam video viral itu nampak seorang wanita mengenakan pakaian serba putih. Kacamata juga turut dikenakan wanita tersebut.

Sosok perempuan itu lalu mengetuk pintu rumah warga satu demi satu. Dia terlihat mengeluarkan gesture meminta uang kepada pemilik rumah.

Peristiwa itu diketahui terjadi di Kabupaten Pringsewu, Lampung. Polisi pun turun tangan dan mengamankan wanita yang belakangan diketahui bernama Nurhayati (42) untuk diambil keterangan pada Minggu (15/5).

"Kita tindaklanjuti dan penyelidikan dapat diperoleh ada seorang wanita bernama Nurhayati. Dia usia 40 tahun lebih, dia petani dan ibu rumah tangga, atau yang pernah menjalani kehidupan rumah tangga," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad saat dihubungi, Senin (16/5/2022).

Terlilit Utang Pinjaman Online

Teka-teki perempuan mengenakan pakaian serba putih berkeliling meminta uang kepada warga di Lampung akhirnya terungkap. Perempuan itu bernama Nurhayati, warga asli Kabupaten Pringsewu, Lampung.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad mengatakan pihaknya telah memeriksa Nurhayati. Wanita itu mengaku tengah terlilit utang di aplikasi pinjaman online.

"Total Rp 39 juta dengan 11 akun pinjaman online," jelas Pandra.

Dalam pengakuannya saat diperiksa polisi pada Minggu (15/5), Nurhayati menjelaskan hanya di saat terdesak saja dia berkeliling lalu meminta uang kepada warga. Polisi pun menyebut Nurhayati tidak pernah memaksa warga untuk memberikan uang kepadanya.

"Masyarakat merasa iba dan kasihan. Karena dia tidak sama sekali mengeluarkan kata-kata ancaman. Kalau tidak memberi tidak apa-apa," katanya.

Alasan Kenakan Pakaian Serba Putih

Nurhayati merupakan ibu dengan satu orang anak. Sejak tahun 2012 dia bercerai dengan suaminya.

Saat diperiksa, Nurhayati mengaku baru sejak bercerai dengan suaminya dia mengenakan pakaian serba putih. Kepada polisi, Nurhayati mengaku ingin dekat dengan Tuhan di balik alasannya mengenakan pakaian serba putih setiap hari.

"Dia ingin dekatkan diri ke Tuhan. Jadi selama ini dia pakaian putih itu ingin beribadah," terang Pandra.

Polisi tidak temukan unsur pidana dari tindakan Nurhayati. Simak selengkapnya di halaman selanjutnya: