Polisi: Wanita Berpakaian Serba Putih Bikin Resah di Lampung Korban Pinjol

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 16 Mei 2022 16:20 WIB
Wanita berpakaian serba putih berkeliling minta uang di Lampung (dok: Polda Lampung)
Wanita berpakaian serba putih berkeliling meminta uang di Lampung. (Dok. Polda Lampung)
Jakarta -

Seorang wanita bernama Nurhayati (42) sempat membuat heboh lantaran berpakaian serba putih dan berkeliling meminta uang warga di Kabupaten Pringsewu, Lampung. Polisi memastikan tidak ada unsur pidana yang ditemukan dari aksi dari Nurhayati.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad mengatakan tindakan dari Nurhayati itu akibat masalah ekonomi. Sejauh ini polisi tidak menemukan adanya ancaman atau paksaan dari Nurhayati saat tengah berkeliling meminta uang kepada warga.

"Dia terimpit utang, tapi dia tidak lakukan intimidasi, ancaman, atau nakuti orang. Jadi dia datang mengetuk pintu dan warga masyarakat memberikan secara ikhlas. Jadi kita tidak temukan peristiwa pidana," kata Pandra saat dihubungi, Senin (16/5/2022).

Nurhayati sejak 2012 telah bercerai dengan suaminya. Sejak saat itu, ibu satu anak ini mengaku mengalami kesulitan ekonomi.

Dia lalu meminjam uang ke sejumlah aplikasi pinjaman online. Nahas, utangnya itu terus membengkak hingga dia kesulitan membayarnya.

"Total Rp 39 juta dengan 11 akun pinjaman online," jelas Pandra.

Pandra mengatakan, pada Minggu (15/5), Nurhayati telah diambil keterangan oleh penyidik. Dia pun mengakui perbuatannya karena persoalan utang.

Selain itu, Pandra menyebut pihaknya telah memeriksa latar belakang dari Nurhayati. Hasilnya, polisi memastikan tidak ada indikasi wanita itu terafiliasi dengan ormas atau kelompok mana pun.

"Sudah kita cek tidak ada terafiliasi yang bersangkutan memasuki organisasi terlarang," tutur Pandra.

Nurhayati kini telah dipulangkan ke keluarganya. Pandra mengatakan pihaknya kini tengah berkoordinasi dengan tokoh masyarakat untuk mencari solusi bagi kesulitan ekonomi yang menimpa Nurhayati.

"Kita koordinasi dengan pemerintah Kabupaten Pringsewu apa peran dari RT/RW yang ada dana desa apa perannya. Artinya, bagaimana perangkat desa dapat mencari solusinya seperti apa karena ini merupakan warganya," jelas Pandra.

Aksi dari Nurhayati sebelumnya viral di media sosial. Sebuah video viral itu memuat aksi perempuan dengan pakaian serba putih dan kacamata berkeliling dari rumah ke rumah. Perempuan berpakaian serba putih itu tampak meminta uang kepada warga.

Lihat juga video 'Sudah 11 Hari Warga Sidrap Diteror Lemparan Batu, Aparat Turun Tangan':

[Gambas:Video 20detik]

(ygs/dhn)