One Way Arah Jakarta Berakhir, Jalur Puncak Kembali Normal 2 Arah Malam Ini

M Solihin - detikNews
Senin, 16 Mei 2022 20:40 WIB
Lalu lintas di jalur Puncak Bogor malam ini
Kondisi lalu lintas jalur Puncak Bogor malam ini (Foto: M Solihin/detikcom)
Jakarta -

Sistem satu arah atau one way yang diberlakukan di Jalan Raya Puncak, Bogor, untuk kendaraan menuju Jakarta telah berakhir. Arus kendaraan di jalur Puncak berlaku normal dua arah pada malam ini.

"Kami laporkan bahwasanya update lalin arus lalu lintas di jalur Raya Puncak dimana pukul 19.00 WIB tadi telah dinormalkan di kedua arah," kata Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Dicky Pranata ditemui di Simpang Gadog, Senin (16/5/2022).

Pantauan detikcom pukul 19.15 WIB, situasi lalu lintas di Simpang Gadog kini berlaku normal dua arah. Akses menuju Puncak yang ditutup selama pemberlakuan one way arah Jakarta sejak pukul 11.45 WIB siang tadi, mulai dibuka petugas.

Kendaraan yang menunggu sejak siang baik via Tol Jagorawi maupun via Ciawi, kini sudah bisa melaju ke arah Puncak. Akibatnya, kepadatan nampak terjadi di sekitar Simpang Gadog karena banyak kendaraan keluar masuk di Simpang Megamendung dan Simpang Pasir Angin.

Dicky menyebut arus kendaraan menuju Jakarta pada hari ini tidak seramai kemarin (Minggu, 16/5). Menurut Dicky, kendaraan yang melaju ke arah Jakarta hari ini merupakan sisa-sisa kendaraan wisatawan yang datang sejak Jum'at (13/5) hingga hari ini.

"Untuk hari ini tidak seperti kemarin, hari ini kita hanya menghabiskan sisa-sisa wisatawan yang akan kembali hari ini, kalau puncak kembalinya wisatawan itu ya kemarin. Arus kendaraan yang menuju Jakarta dibanding hari kemarin memang terjadi penurunan," ucap Dicky.

Seperti diketahui, Satlantas Polres Bogor mulai memberlakukan sistem one way pada pukul 10.00 WIB. Saat itu, berlaku one way untuk kendaraan menuju Puncak Bogor.

Selang 2 jam kemudian, polisi langsung menghentikan sistem one way arah Puncak dan mengganti ke sistem one way arah Jakarta pada pukul 11.45 WIB. Selanjutnya, pukul 19.00 WIB polisi mengakhiri sistem one way dan memberlakukan sistem normal atau dua arah di Jalan Raya Puncak.

(fas/fas)