Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Puji Seniman Bambu di Kepulauan Sangihe

Dea Duta Aulia - detikNews
Senin, 16 Mei 2022 20:42 WIB
Dirjen Pemdes Kemendagri Yusharto Huntoyungo
Foto: Kemendagri
Jakarta -

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo bersama Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana menyaksikan Festival Budaya Musik Bambu Kabupaten Kepulauan Sangihe. Dalam acara tersebut Yusharto mengapresiasi karya seniman yang begitu piawai memainkan alat musik dari bambu.

"Musik bambu sangat digemari masyarakat Sangihe. Bahkan, penonton tidak akan pulang ke rumah apabila musik bambu belum selesai. Biasanya musik bambu digelar di malam hari dan selesai hingga dini hari. Untuk pemain musik bambu sendiri mulai dari remaja, wanita hingga orang tua," katanya Yusharto dalam keterangan tertulis, Senin (16/5/2022).

Sementara itu, Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana menambahkan pegembangan musik bambu ini berkat dukungan dari anggaran Dana Desa. Dengan menggunakan anggaran Dana Desa masyarakat bisa membuat dan alat musik bambu sekaligus turut melestarikan budaya tersebut.

"Musik Bambu membentuk mental karakter masyarakat sangihe dan sangat memberikan dampak luar biasa," ujar Jabes.

Ia menambahkan masyarakat begitu antusias dalam mempersiapkan acara tersebut. Bahkan saat sesi latihan mereka begitu terlihat bersemangat.

Ketika ada musik bambu, setelah masyarakat bekerja, masyarakat biasa melakukan latihan. Mereka tidak lagi terlibat dalam minuman keras (miras) di sini, kita dapat menunjukan seni budaya dapat menurunkan angka kriminalitas dan menurun tajam," katanya.

Dalam festival budaya yang digelar Pelka Laki-Laki Sinode GMIST peserta membawakan dua instrumen lagu. Pertama lagu yang wajib dibawakan Hymne Pelka Laki-Laki GMIST, kedua membawakan lagu daerah Kepulauan Sangihe.

"Peserta yang berhasil membawakan instrumen lagu dengan baik akan dinobatkan sebagai juara oleh juri. Untuk, jurinya sendiri merupakan profesional dan berpengalaman di bidang seni musik," tutupnya.

(ega/ega)