Pengurus Gerindra Ramai-ramai Deklarasi Prabowo Capres, Ada Apa?

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 16 Mei 2022 06:40 WIB
Deklarasi Prabowo Presiden 2024 yang dipimpin oleh Waketum Gerindra Habiburokhman di Rawamangun, Jakarta Timur, Minggu (15/5/2022).
Foto: Deklarasi 'Prabowo Presiden 2024' yang dipimpin oleh Waketum Gerindra Habiburokhman di Rawamangun, Jakarta Timur, Minggu (15/5/2022).
Jakarta -

Para pengurus Partai Gerindra di sejumlah daerah mulai mendeklarasikan ketua umum mereka, Prabowo Subianto, sebagai capres 2024. Deklarasi ini disebut sebagai merespons dinamika politik Tanah Air, termasuk mulai munculnya koalisi menjelang Pemilu 2024.

"Ini efek Golkar cs deklarasi koalisi. Meski, tanda deklarasi koalisi Golkar cs pun, Prabowo tetap harga mati bagi Gerindra maju pilpres," ujar peneliti politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno, kepada wartawan, Minggu (15/5/2022) malam.

"Menegaskan Prabowo siap maju kembali dengan segala dinamika politik yang terjadi saat ini," ujarnya.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno.Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno. Foto: Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno (Dok: Istimewa)

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia itu menyebut partai politik sudah mulai mempersiapkan diri untuk Pemilu serentak 2024. Gerinda dinilai sudah mempersiapkan kemenangan Prabowo dari sekarang.

"Ini jadi pertanda pemilu sudah dekat dan semua partai mulai mengonsolidasi kekuatan. Bagi Gerindra, Prabowo segala-galanya. Hidup mati Gerindra tergantung Prabowo," katanya.

"Dua misi besar Gerindra usung prabowo. Pertama menang pilpres, Prabowo jadi presiden. Kedua mencari efek ekor jas (coattail effects) demi menang pileg. Dua-duanya sampai sekarang belum terlaksana," katanya.

Deklarasi mengusung Prabowo meski pemilu di tahun 2024, kata Adim merupakan hal yang bagus. Adi menganggap, masyarakat menjadi tahu dan bisa menilai bakal calon presidennya.

"Bagis, biar rakyat tahu apa yang mereka tawarkan selama 1,5 ini (masa jelasng Pemilu 2024). Biar rakyat menilai apakah mereka hanya sebatas deklarasi atau menawarkan sesuatu yang kongkret," ujarnya.

Seperti diketahui, deklarasi mengusung Prabowo sebagai capres dilakukan di beberapa daerah. Diberitakan, deklarasi sudah dilakukan di Sumatera Barat. Kemudian pada Minggu (15/5) deklarasi dilakukan di Jakarta Timur, dan Tangerang Raya.

Deklarasi Prabowo Presiden 2024 di Tangerang Raya dipimpin Sufmi Dasco Ahmad (dok. Istimewa).Deklarasi Prabowo Presiden 2024 di Tangerang Raya dipimpin Sufmi Dasco Ahmad (dok. Istimewa). Foto: Deklarasi Prabowo Presiden 2024 di Tangerang Raya dipimpin Sufmi Dasco Ahmad (dok. Istimewa).

Di Tangerang Raya, deklarasi dipimpin oleh Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad Dasco menegaskan suara Prabowo di Tangerang Raya tak akan tergerus. Bahkan Dasco optimistis suara Prabowo di Tangerang Raya akan meningkat.

"Ada isu-isu yang mengatakan bahwa suara Prabowo sudah tergerus di Tangerang Raya, tidak benar! Dan saya yakin bahwa teman-teman DPC, PAC dan ranting akan meningkatkan suara Pak Prabowo di Tangerang Raya," kata Wakil Ketua DPR RI ini.

Dasco mengajak seluruh kader Gerindra se-Tangerang Raya untuk bersatu demi menuju kemenangan di Pemilu 2024 mendatang.

"Kita sama-sama bertekad, bersatu dan berjuang menuju kemenangan. Dan mulai hari ini kita harus bertekad bersama-sama bahwa kemenangan itu tidak ada yang datang cuma-cuma, kemenangan itu harus kita rebut. Oleh karena itu, Tangerang Selatan, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang tidak ada tawar-menawar harus nomor 1 di Tangerang Raya, baik di perolehan suara kursi legislatif maupun perolehan suara Presiden," kata Dasco.

Lihat juga video 'Saat Jokowi 'Mesra' dengan 3 Bakal Capres Terkuat':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/gbr)