Ikut Sukseskan Angkutan Mudik Lebaran 2022, KAI Banjir Pujian

Nada Zeitalini Arani - detikNews
Minggu, 15 Mei 2022 16:22 WIB
Erick Thohir Saat Meninjau Mudik di Stasiun
Foto: KAI
Jakarta - Masa angkutan Lebaran 2022 telah selesai dengan aman dan lancar. Salah satunya oleh Kereta Api Indonesia (KAI) yang selama 22 hari telah melayani jutaan pelanggan untuk mengantar berlebaran di kampung halaman.

Kinerja KAI memberi pelayanan mudik pada angkutan Lebaran 2022 ini mendapat apresiasi oleh sejumlah kalangan, di antaranya oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Rabu (27/4) lalu. Menhub mengapresiasi kinerja KAI yang turut menyukseskan program mudik Lebaran 2022 dengan banyaknya jumlah tiket yang terjual.

Sejumlah menteri lainnya juga turut menilai bahwa KAI memberikan kualitas pelayanan sangat baik bagi masyarakat yang merupakan pelanggannya. Beberapa Menteri tersebut yaitu Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan keberhasilan pengelolaan sistem perkeretaapian Indonesia terlihat dari nihilnya keluhan pemudik Lebaran. Bahkan, pelayanan di stasiun maupun selama dalam perjalanan yang meliputi aspek keamanan serta kenyamanan pelanggan dan kualitas sarana kereta yang diberikan sudah sangat baik.

"Saya mengapresiasi kepada seluruh para pegawai KAI yang rela bekerja di hari libur Lebaran dan memberikan pelayanan terbaik demi melayani masyarakat yang mudik ke kampung halaman," kata Erick Thohir dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (15/5/2022).

Kepuasan terhadap kinerja KAI atas kemajuan pelayanan dan konsistensi menjalankan angkutan Lebaran yang selamat, aman, dan sehat juga disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Apresiasi tersebut disampaikan saat akan melakukan perjalanan menggunakan kereta wisata nusantara dari Stasiun Gambir menuju Semarang Tawang.

Kemudian apresiasi juga diberikan oleh pejabat negara dan daerah. Seperti yang dilakukan mantan Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan saat melakukan kunjungan di Stasiun Surabaya Gubeng pada Sabtu (7/5). Ia meninjau suasana pemudik pada masa posko angkutan Lebaran 2022 dan mengapresiasi kinerja KAI yang semakin memberikan pelayanan terbaik.

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman pun salut terhadap kinerja KAI. Hal ini disampaikan Anwar saat akan melakukan perjalanan menuju Stasiun Purwokerto dari Stasiun Senen menggunakan kereta Fajar Utama pada Jumat (13/5).

"Untuk pertama kali sejak ada perubahan besar-besaran di KAI dan saya sangat kaget begitu masuk halaman parkir suasananya sangat luar biasa, sangat nyaman dan bersih, ini diluar bayangan saya bahwa perubahannya sangat indah dan bagus," ujar Anwar.

Menanggapi berbagai apresiasi terhadap KAI, Vice President Public Relations KAI Joni Martinus menyampaikan rasa terima kasih karena telah mempercayakan KAI sebagai transportasi di momen Lebaran 2022 ini.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaannya menggunakan kereta api sebagai moda transportasi pilihan untuk kembali ke kampung halaman pada masa mudik dan arus balik Lebaran tahun ini," pungkasnya.

KAI juga terus berkomitmen untuk berinovasi di semua lini agar memberikan pelayanan prima yang lebih cepat dan lebih baik kepada pelanggan setianya. (ncm/ega)