Mendikbud Disomasi Ortu Mahasiswa SBM ITB, Begini Tanggapan Kemendikbud

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 15 Mei 2022 12:12 WIB
Plt Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud Nizam
Plt Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud Nizam (Siti Fatimah/detikcom)
Jakarta -

Konflik di tubuh Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB) berbuah somasi terhadap pihak Rektor, MWA hingga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Plt Direktur Jenderal Diktiristek Kemdikbud-Ristek, Nizam menjelaskan bahwa somasi ini telah diterima.

"Somasi orang tua mahasiswa SBM sudah kita terima. Saya sudah minta penjelasan dari rektor ITB tentang progres penyelesaian masalah SBM ITB. Sejauh ini proses belajar-mengajar di SBM ITB tetap berjalan dengan baik," kata Nizam saat dihubungi, Minggu (15/5/2022).

Proses penyelesaian masalah internal di SBM ITB saat ini masih dilakukan. Nizam menegaskan bahwa yang terpenting proses belajar mengajar di SBM ITB tidak boleh turun kualitasnya.

"Permasalahan internal yang terjadi di SBM ITB dalam proses penyelesaian. Yang penting proses belajar-mengajar serta kualitas SBM ITB jangan sampai turun," ungkapnya.

Sebelumnya, Forum Orang Tua Mahasiswa SBM ITB mengatakan somasi tersebut dilakukan sebagai bentuk kekecewaan orang tua mahasiswa yang tidak mendapat kejelasan mengenai penyelesaian masalah yang di tubuh SBM ITB.

"Ya somasi ini berangkat dari kekecewaan karena tidak ada tanggapan dari pihak Rektorat, MWA dan Mendikbud karena permasalahan ini muncul di bulan November 2021 yang mengganggu proses belajar-mengajar di SBM," kata Ali Nurdin perwakilan Forum Orang Tua Mahasiswa SBM ITB kepada detikJabar, Minggu (15/5).

Bagaimana awal mula konflik ini? Silakan baca di halaman selanjutnya.

Lihat juga Video: Komisi X Mau Mendikbud Nadiem Jadi Mediator Konflik Dosen-Rektor ITB

[Gambas:Video 20detik]