Konflik SBM ITB Belum Reda, Ortu Mahasiswa Somasi Rektor hingga Mendikbud

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 15 Mei 2022 11:58 WIB
Forum Orang Tua Mahasiswa SBM ITB.
Forum Orang Tua Mahasiswa SBM ITB (Bima Bagaskara/detikcom)
Jakarta -

Orang tua mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) melayangkan somasi kepada rektor dan Mendikbud Nadiem Makarim. Somasi dilayangkan buntut dari konflik internal Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) ITB.

"Somasi ini berangkat dari kekecewaan karena tidak ada tanggapan dari pihak Rektorat, MWA, dan Mendikbud, karena permasalahan ini muncul di bulan November 2021 yang mengganggu proses belajar mengajar di SBM," kata perwakilan Forum Orang Tua Mahasiswa SBM ITB, Ali Nurdin, seperti dilansir detikJabar, Minggu (15/5/2022).

Ali mengungkapkan, orang tua mahasiswa juga kecewa terhadap sikap Rektor ITB yang enggan menemui perwakilan orang tua mahasiswa sejak persoalan SBM mencuat. Padahal, kata dia, Rektor telah diminta secara langsung, baik oleh MWA maupun kementerian, untuk menjelaskan penyelesaian masalah tersebut.

"Kita sudah bertemu perwakilan Rektorat wakil rektor menjamin mutu pendidikan tidak berkurang, tapi nyatanya kan berkurang. Pihak MWA menyatakan sudah menyerahkan ke Rektor kemudian kita diminta bertemu dengan rektor, tapi rektor kan tidak mau menemui. Padahal itu perintah MWA, sampai kita melakukan pertemuan dengan Kemendikbud," ungkapnya.

Oleh sebab itulah, Forum Perwakilan Orang Tua Mahasiswa SBM ITB mengeluarkan somasi kepada Rektor ITB, MWA hingga Mendikbud untuk bisa segera menyelesaikan masalah di tubuh SBM dalam 10 hari kerja terhitung sejak Kamis. 12 Mei 2022.

"Makanya kita minta dalam 10 hari kerja minta segera diselesaikan dan kita meminta diundang oleh Rektor, oleh MWA , Dekan SBM untuk dijelaskan bagaimana penyelesaiannya," ujar Ali menambahkan.

Baca berita selengkapnya di sini.

(zak/gbr)