ADVERTISEMENT

Jenguk Hendropriyono, Ridwan Kamil Dapat Wejangan soal Kepemimpinan

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 14 Mei 2022 17:43 WIB
Ridwan Kamil Temui AM Hendropriyono
Ridwan Kamil menemui AM Hendropriyono (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Jenderal TNI (Purn) AM Hendropriyono menerima kunjungan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK). Keduanya berbincang-bincang di sela pertemuan itu.

Ridwan Kamil mengatakan mengunjungi Hendropriyono pada Jumat (13/5) karena ingin melihat kondisi mantan Kepala BIN itu. Diketahui, Hendropriyono sempat dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, karena DBD.

"Ini kan suasana masih Lebaran. Kemarin di daerah saya masih sibuk ngurusin mudik dan arus balik, baru sekarang alhamdulillah. Tujuan saya datang untuk bersilaturahmi. Saya mendoakan beliau agar selalu diberi kesehatan yang prima karena baru sembuh," kata Ridwan Kamil kepada wartawan, Sabtu (14/5/2022).

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan Hendropriyono sudah seperti orang tua baginya. Karena itu, Emil sering diberi wejangan terkait cara membangun suatu daerah hingga isu-isu global.

"Tentu sebagai anak, menghormati orang tua. Saya selalu bilang beliau ini guru bangsa, tentu selain bersilaturahmi saya mendapatkan banyak nasihat dari Bapak Hendropriyono, bagaimana membangun Jawa Barat, membangun kepemimpinan, isu-isu global yang harus diwaspadai," ucapnya.

Hendropriyono di Mata RK

AM Hendropriyono, kata Ridwan Kamil, merupakan sosok yang memiliki wawasan seluas cakrawala. Bahkan dia menyebut Hendropriyono dengan istilah 'Hendropriyonopedia'.

"Sosok Bapak AM Hendropriyono saya istilahkan sebagai Hendropriyonopedia, ngobrol apa saja, punya pandangan yang kadang-kadang kami luput, tidak bisa dimungkiri sosok seperti Pak Hendropriyono dengan pengalaman dan usia pasti punya buah-buah kebijakan dan kearifan yang kami generasi muda belum sampai kesitu pemikirannya" tuturnya.

Peta politik global menjadi tema yang tak luput dibahas dari pertemuan tersebut. Dengan pengetahuannya, Hendropriyono memaparkan kondisi politik internasional terkini. Selain itu, Ridwan Kamil mengaku penjelasan Hendropriyono sejalan dengan misinya membangun Jawa Barat, yang tak lagi bisa dilihat dari sisi lokalnya saja.

"Tadi dinasihati peta politik internasional seperti apa, karena di masa depan membangun relasi global juga penting. Kita tidak bisa melihat kacamata Indonesia dan Jawa Barat dari sisi lokalnya saja," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Ridwan Kamil memberi Hendropriyono oleh-oleh batik. Dia mengatakan batik itu adalah hasil karyanya sendiri.

Simak juga 'Momen KSAD Dudung Jenguk-Cium Kening Hendropriyono di RSPAD':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/hri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT