Foto Menag Yaqut Rangkul Ragil Mahardika Ternyata Editan Belaka

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 14 Mei 2022 06:24 WIB
Ketum GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas menemui Presiden Jokowi.
Ketum GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas. (Andhika-detikcom)
Jakarta -

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut 'diserang' secara digital melalui foto yang disebarluaskan di dunia maya. Foto Menag Yaqut merangkul Ragil Mahardika yang muncul di media sosial sebagai 'serangan' ternyata hanya rekayasa.

Foto menampilkan Menag Yaqut merangkul seseorang dengan wajah Ragil Mahardika, pria yang baru-baru ini disorot setelah tampil di podcast Deddy Corbuzier, beredar di media sosial.


Foto Gus Yaqut merangkul Ragil Mahardika diunggah oleh akun resmi media sosial Bossman Mardigu, seperti dilihat Jumat (13/5). Di media sosial Mardigu, tertulis caption dia mendapatkan meme Gus Yaqut merangkul Ragil Mahardika. Mardigu mempertanyakan apakah foto tersebut benar atau hoaks.

Dalam meme tersebut, nampak Gus Yaqut merangkul seseorang yang ditulis Gus Ragil kader Ansor cabang Jerman. GP Ansor memastikan foto itu merupakan hasil rekayasa.

Ketua Umum GP Ansor, Yaqut Cholil QoumasKetua Umum GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas (Bartanius Dony/detikcom)


Ketua GP Ansor Luqman Hakim mengatakan meme foto Gus Yaqut merangkul salah satu pasangan LGTB itu editan. Menurut Luqman, tak perlu keahlian khusus untuk menentukan foto tersebut asli atau rekayasa.

"Saya pastikan gambar itu 1000% tidak asli alias hasil editan. Itu editan amatir. Tak perlu pakar digital picture untuk mengetahuinya, mata orang awam saja bisa melihat itu gambar editan," kata Luqman kepada wartawan.

Simak juga video 'Menag Sebut Anak Stunting Nggak Bakal Bisa Berkompetisi':

[Gambas:Video 20detik]

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: