Bagaimana Terjadinya Gerhana Bulan Sebagian? Cek Penjelasannya di Sini

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Jumat, 13 Mei 2022 14:30 WIB
Bagaimana terjadinya gerhana bulan sebagian? Gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi.
Bagaimana Terjadinya Gerhana Bulan Sebagian? Cek Penjelasannya di Sini (Foto: AP/Aaron Favila)
Jakarta -

Bagaimana terjadinya gerhana bulan sebagian? Gerhana bulan merupakan salah satu fenomena alam langka. Gerhana Bulan adalah peristiwa di mana bumi menghalangi cahaya matahari sehingga cahayanya tidak sampai ke bulan.

Gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Lantas, bagaimana proses terjadinya gerhana bulan sebagian? Berikut jawaban selengkapnya.

Bagaimana Terjadinya Gerhana Bulan Sebagian? Ini Informasinya

Gerhana bulan sebagian disebut juga sebagai gerhana bulan parsial. Melansir dari situs Kemdikbud, gerhana bulan sebagian terjadi ketika bumi tidak seluruhnya menghalangi bulan dari sinar matahari.

Sebagian permukaan bulan berada di daerah penumbra, sehingga masih ada sebagian sinar matahari yang sampai ke permukaan bulan. Hal ini membuat bayangan bumi terlihat di permukaan bulan seolah memakan sebagian permukaan bulan.

Perbedaan Gerhana Bulan Total, Sebagian, dan Penumbra

Bagaimana terjadinya gerhana bulan sebagian? Gerhana bulan sebagian tidak membuat seluruh permukaan bulan tertutup oleh bayangan bumi. Gerhana bulan sebagian tentunya berbeda dengan gerhana bulan total dan gerhana bulan penumbra. Simak perbedaannya di bawah ini.

  1. Gerhana Bulan Total
    Gerhana bulan total terjadi ketika seluruh bayangan umbra bumi jatuh menutupi bulan, sehingga matahari, bumi dan bulan berada tepat di satu garis yang sama.
  2. Gerhana Bulan Penumbra
    Gerhana bulan penumbra terjadi ketika seluruh bagian bulan berada di bagian penumbra. Sehingga bulan masih dapat terlihat dengan warna yang suram.

Apakah Gerhana Bulan Sebagian Terjadi pada Tahun 2022?

Gerhana bulan di tahun 2022 adalah gerhana bulan total. Pihak LAPAN melalui situs Edukasi Sains Antariksa memastikan bahwa peristiwa gerhana bulan total 2022 terjadi pada tanggal 15-16 Mei 2022.

"Gerhana ini puncaknya akan terjadi pada 16 Mei 2022 pukul 04.11.33 UT atau 11.11.33 WIB. Bagi beberapa wilayah di benua Amerika, puncak gerhana kali ini terjadi pada 15 Mei 2022," demikian keterangan di situs tersebut, yang dikutip detikcom, Jumat (13/5/2022).

Gerhana ini tidak dapat dilihat secara langsung di Indonesia karena bulan sudah di bawah ufuk. Gerhana bulan total 2022 terjadi pada pukul 11.14.10 WIB / 12.14.10 WITA / 13.14.10 WIT bertepatan dengan Hari Raya Waisak 2566.

Kapan Terjadinya Gerhana Bulan Sebagian?

Melansir dari laman Edukasi Sains Antariksa, gerhana bulan sebagian pernah terjadi sebelumnya di tanggal 4 Juni 2012, 8 Agustus 2017, 17 Juli 2019, dan 19 November 2021. Gerhana bulan sebagian akan kembali terjadi pada 29 Oktober 2023, 7 Juli 2028, dan 16 Juni 2030.

Gerhana bulan sebagian dapat disaksikan langsung dengan mata tanpa bantuan alat apapun. Fenomena alam tersebut juga dapat diabadikan dengan kamera DSLR atau kamera handphone.

Demikian penjelasan tentang 'Bagaimana terjadinya gerhana bulan sebagian?'. Semoga bermanfaat!

(kny/imk)