Kala Ganjar dan PDIP Kian Berjarak

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 13 Mei 2022 05:59 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau pencairan BLT minyak goreng di Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan, Selasa (19/4/2022).
Ganjar Pranowo (Foto: Robby Bernardi/detikJateng)
Jakarta -

Hubungan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan partainya, PDIP, kembali menjadi sorotan. Ganjar dan PDIP tampak kian berjarak.

Di momen Lebaran 2022, PDIP Jawa Tengah menggelar halalbihalal di kantor Panti Marhaen di Kota Semarang, Sabtu (7/5/2022). Terungkap bahwa Ganjar Pranowo tidak hadir dalam acara partainya.

"Sangat sibuk, dikau lihat sendiri Pak Ganjar sangat sibuk, banyak hal yang ditangani beliau. Jadi ya sudahlah saking sibuknya kita paham," kata Ketua Bappilu PDIP Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul seperti dilansir detikJateng.

"Kita ngomong saja situasi, sangat kita paham. Orang Jawa main memahami rasa, kita tidak mau mengganggu kesibukan," imbuhnya.

Ganjar sudah menjelaskan perihal ketidakhadiran dirinya di acara PDIP Jawa Tengah. Ganjar tidak menjawab secara gamblang apakah dirinya diundang atau tidak diundang ke halalbihalal PDIP Jateng,

"Saya lagi ada di Makassar. Nggak papa, kemarin kan acaranya lebih banyak, kata teman-teman, strategi pemenangan dari kabupaten kota," ujar Ganjar di kantornya.

Isu Konflik Menguat

Absennya Ganjar dinilai menguatkan dugaan adanya konflik antara dirinya dan PDIP.

"Pertama, kondisi ini semakin menebalkan keyakinan publik bahwa ada konflik batin yang tak biasa antara PDIP dengan Ganjar," kata pakar politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno, kepada wartawan.

Adi mengatakan publik sudah berpandangan bahwa hubungan antara Ganjar dan PDIP tidak baik-baik saja. Adi meyakini pemicu hubungan keduanya keruh itu karena persoalan pilpres.

Simak video 'Momen Ganjar Diteriaki 'Calon Presiden' Saat Tiba di Makassar':

[Gambas:Video 20detik]



Simak berita selengkapnya pada halaman berikut.