Usai Dilantik Jadi Pj Gubernur Banten, Muktabar Minta Dukungan

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Kamis, 12 Mei 2022 17:39 WIB
Al Muktabar dilantik sebagai Penjabat Gubernur Banten.
Al Muktabar dilantik sebagai Penjabat Gubernur Banten. (Foto: Pemprov Banten)
Banten -

Al Muktabar minta dukungan para pemangku kepentingan usai dilantik sebagai Penjabat Gubernur Banten. Muktabar akan mengisi jabatan Pj Gubernur Banten selama 1 tahun ke depan.

"Untuk itu, saya sangat mengharapkan dukungan dari semua stakeholder bersatu dalam rangka membangun Banten ke depan," kata Muktabar di Serang, Kamis (12/5/2022).

Dia diberi tugas menjaga hubungan dengan forum komunikasi pimpinan daerah. Tugas itu untuk menjaga stabilitas daerah.

Lebih lanjut, Pemerintah Pusat juga meminta layanan masyarakat dioptimalkan. Muktabar menyebut akan ada langkah khusus dalam rangka pelayanan masyarakat dan pembangunan.

"Dalam dua hal mengatur dan melayani itu, bila diperlukan langkah-langkah khusus maka kita dapat melakukan intervensi untuk tujuan bersama dalam rangka pembangunan di Provinsi Banten. Semoga kita bisa amanah menjalankan semua perintah ini," paparnya.

Muktabar dilantik menjadi Pj Gubernur oleh Mendagri Tito Karnavian di Jakarta. Dia dilantik bersama empat Pj Gubernur untuk Bangka Belitung, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Papua Barat.

Para penjabat diminta fokus menyelesaikan program pemerintah. Mereka wajib menyampaikan laporan per tiga minggu sekali kepada Presiden melalui Mendagri.

"Program-program pemerintah yang jadi atensi tolong digeber, program-program Bapak Presiden yang diatensi, strategis nasional, tolong digeber," kata Tito.

Jabatan penjabat ini ditentukan untuk masa jabatan 1 tahun sesuai dengan undang-undang. Jabatan kelimanya bisa diperpanjang dan bisa diisi orang yang sama atau berbeda.

"UU mengatakan dapat diperpanjang dengan orang yang sama atau orang yang berbeda," ujarnya.

(bri/idn)