Ini Daftar 101 Kepala Daerah yang Akhiri Jabatan di 2022

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 12 Mei 2022 16:42 WIB
Mendagri Tito Karnavian (Anggi-detikcom)
Mendagri Tito Karnavian (Anggi/detikcom)
Jakarta -

Ada 101 kepala daerah yang akan mengakhiri masa jabatannya pada tahun ini. Para kepala daerah ini terdiri dari bupati, wali kota, hingga gubernur.

Sebagaimana diketahui, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian telah melantik lima penjabat (Pj) gubernur untuk Banten, Kepulauan Bangka Belitung, Sulawesi Barat, Gorontalo, dan Papua Barat. Kemendagri menjelaskan proses penentuan sosok untuk menjadi lima penjabat gubernur itu.

Kapuspen Kemendagri Benni Irwan menjelaskan ada tiga tahapan sebelum akhirnya muncul lima nama sebagai Pj gubernur di lima daerah itu. Proses pertama dimulai dari identifikasi provinsi yang masa jabatan gubernurnya berakhir pada 2022 dan 2023.

"Diawali dengan kita mengidentifikasi provinsi-provinsi, kabupaten-kabupaten, yang terakhir masa jabatannya itu di tahun 2022 dan 2023," ucap Benni saat konferensi pers di kantornya, Kamis (12/5/2022).

Selain lima daerah itu, masih ada dua gubernur yang akan mengakhiri masa jabatannya tahun ini. Sedangkan untuk kabupaten ada 76 dan kota ada 18. Totalnya ada 101 kepala daerah yang akan mengakhiri jabatannya.

Siapa saja mereka? Ini daftarnya:

Daftar Kepala Daerah yang akhiri masa jabatannya tahun 2022

(rdp/tor)