Pengurus Lain Dukung Anies Baswedan Capres, NasDem DKI Belum Bersikap

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 12 Mei 2022 14:28 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketum NasDem Surya Paloh memberikan keterangan pers seusai melakukan pertemuan. Begini suasananya.
Anies Baswedan dan Surya Paloh (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Partai NasDem bakal menggelar rapat kerja nasional (rakernas) pada pertengahan Juni nanti yang diisi penyerahan tiga nama bakal capres 2024 ke Ketum Surya Paloh. Sejumlah DPW NasDem sudah menyebutkan sejumlah usulan dengan nama Gubernur Jakarta Anies Baswedan menguat. Bagaimana dengan NasDem DKI?

Ketua DPW NasDem DKI Jakarta Nurcahyo Anggorojati menjelaskan jajarannya belum memutuskan nama capres yang bakal disodorkan ke DPP NasDem. NasDem DKI akan menyampaikan nama capres usulan mereka saat rakernas nanti.

"Ha-ha-ha..., peristiwanya saja belum terjadi," kata Nurcahyo atau Yoyok kepada wartawan, Kamis (12/5/2022).

"DPW DKI Jakarta akan mengusulkan di rakernas. Itu baru resmi," tegasnya.

DPW NasDem, seperti di Aceh dan di Jabar, mengusulkan nama Anies BasWedan. Sementara itu, NasDem Kalbar membahas nama Anies Baswedan dan Andika Perkasa.

"Ini bukan masalah berani atau bukan. DKI Jakarta memang belum mengusulkan apa pun ke DPP," ujar Yoyok.

Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Banten-DKI Jakarta NasDem A Effendy Choirie sempat menyebut mayoritas aspirasi kader NasDem di Banten dan DKI menghendaki Anies Baswedan jadi capres. Namun, Yoyok memastikan belum ada keputusan resmi dari DPW NasDem DKI.

"Sampai sekarang kita masih mengumpulkan aspirasi lewat mekanisme partai, saya tidak merahasiakan apa pun loh. Coba saja tanya, selain saya. Di DKI memang belum ada keputusan apa pun untuk diusulkan," ucap Yoyok.

"Kita mau rapat dulu dengan tim DPP terus ke DPW dan DPD. Jadi bukan gimmick atau titipan atau apa. Memang kita mendengarkan aspirasi," imbuhnya.

A Effendy Choirie atau Gus Choi sebelumnya menyebut mayoritas aspirasi kader NasDem di Banten dan DKI menghendaki Anies Baswedan jadi capres. Nama Anies dinilai punya pengaruh kuat di DKI dan Banten.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: