Kemlu Buka Suara soal Kedatangan Jokowi Tak Disambut Pejabat Tinggi AS

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 12 Mei 2022 11:59 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Joko Widodo beserta rombongan tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, Amerika Serikat.
Momen Jokowi dan Rombongan Tiba di Washington, DC, AS (Foto: Dok. Setpres/Muchlis Jr)
Jakarta -

Kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Amerika Serikat menjadi sorotan di media sosial karena tidak disambut pejabat tinggi AS. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) buka suara.

Untuk diketahui, Jokowi yang didampingi sang istri, Iriana Jokowi, serta rombongan tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington, DC, Amerika Serikat (AS), Selasa (10/5/2022) sekitar pukul 21.40 waktu setempat (WS) atau Rabu, 11 Mei 2022 pukul 08.40 WIB.

Kedatangan Jokowi itu disambut oleh Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Rosan Roeslani. Tidak ada pejabat AS yang menyambut Jokowi dan rombongan.

Penjelasan Kemlu

Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah mengatakan kunjungan Jokowi bukan kunjungan bilateral. Jokowi tiba di AS dalam rangka menghadiri ASEAN-US Summit.

"Kunjungan Presiden RI ke Washington, DC, bukan kunjungan bilateral, namun dalam rangka hadiri ASEAN-US Special Summit," kata Faizasyah saat dikonfimasi, Kamis (11/5/2022).

Faizasyah mengatakan, di hari yang sama, ada juga pemimpin negara yang tiba dan disambut pejabat negara masing-masing. Dia menyayangkan jika ada kesimpulan negatif atas kedatangan Jokowi di AS tersebut.

"Di hari ketibaan 10 Mei, terdapat pula PM Kamboja, PM Malaysia, dan PM Vietnam dan masing-masing dijemput oleh pejabat yang sama," ujarnya.

"Sangat disayangkan mengambil kesimpulan tanpa paham situasi sebenarnya," lanjut Faizasyah.

Simak video 'Momen Jokowi dan Iriana Tiba di Washington DC':

[Gambas:Video 20detik]



Agenda Jokowi ke AS, simak selengkapnya di halaman berikut