Massa Buruh Berdatangan, Lalin Patung Kuda ke Istana Ditutup Kawat Berduri

Anggi Muliawati - detikNews
Kamis, 12 Mei 2022 11:53 WIB
Jakarta -

Massa buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) dan Serikat Pekerja Nasional (SPN) mulai berdatangan memadati kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, untuk menggelar demo memperingati May Day. Lalu lintas Jl Medan Merdeka Barat menuju Istana Merdeka ditutup kawat berduri.

Pantauan detikcom di lokasi, Kamis (12/5/2022) pukul 11.33 WIB, terlihat sejumlah kawat berduri dipasang di Jalan Medan Merdeka Barat. Arus lalu lintas di kedua arah telah ditutup.

Kemudian jembatan penyeberangan orang (JPO) di Patung Kuda pun tampak dipasangi kawat berduri dan garis polisi. Pemasangan kawat berduri di JPO untuk mencegah peserta aksi naik ke atas jembatan.

Massa aksi dari Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) dan Serikat Pekerja Nasional (SPN) telah berkumpul di depan kawat berduri menuju arah Istana. Mereka terlihat memadati kawasan Patung Kuda.

Massa buruh gelar demo di Patung Kuda, lalin ke Istana Merdeka ditutup siang ini.Lalin dari Patung Kuda ke Istana Merdeka di Jl Medan Merdeka Barat ditutup kawat berduri. (Anggi/detikcom)

Terlihat satu mobil komando berada di lokasi. Satu orang di mobil komando tampak meminta massa merapatkan barisan.

"Ayo masuk, masuk, rapatkan, cepat masuk barisan," kata salah satu di mobil komando.

Mereka terlihat kompak menggunakan baju berwarna biru. Massa aksi juga terlihat membawa beberapa atribut, seperti bendera Indonesia, bendera buruh, dan spanduk yang berisi tuntutan mereka.

1. Bergerak dan terus berjuang untuk kesejahteraan pekerja.
2. Menolak revisi UU no 12 tahun 2011 tentang pembentukan peraturan perundang-undangan, karena revisi tersebut hanya untuk melegalkan Omnibus Law UU Cipta Kerja no 11 tahun 2020.
3. Menolak Omnibuslaw UU Cipta Kerja no 11 tahun 2020 dan meminta klaster ketenagakerjaan kembali ke substansi UU no 13 tahun 2003.
4. Menolak revisi UU jo 21 tahun 2000 tentang serikat pekerja/serikat buruh.

Simak video 'Massa Buruh Datangi Patung Kuda, Lalin Arah Istana Merdeka Ditutup':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)