ADVERTISEMENT

Ada Demo May Day di Patung Kuda, Lalin ke Istana Ditutup Situasional

Anggi Muliawati - detikNews
Kamis, 12 Mei 2022 11:21 WIB
Jakarta -

Sejumlah elemen buruh hingga mahasiswa akan berunjuk rasa memperingati May Day di Patung Kuda, Jakarta Pusat, siang ini. Penutupan arus lalu lintas di lokasi yang mengarah ke Istana dilaksanakan secara situasional.

"Hari ini ada dua elemen massa yang akan turun melaksanakan aspirasinya di Patung kuda. Yang pertama elemen dari massa buruh dari SPN dan KSPSI, dan yang satu lagi dari mahasiswa, khususnya Trisakti, akan merayakan Hari Reformasi. Nanti mereka akan kita tempatkan di Bundaran Patung kuda, khususnya di depan Gedung Sapta Pesona sampai Bundaran Patung Kuda," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022).

Sambodo mengatakan penutupan jalan di lokasi aksi bersifat situasional. Lalu lintas akan ditutup dengan mempertimbangkan eskalasi massa.

"Kalau misalnya massanya di bawah 2.000, itu Bundaran belum ditutup, jadi hanya kita atur saja di Bundaran. Tapi kalau massa cukup banyak dan menutup Bundaran, pengalihan akan kita laksanakan," katanya.

Meski demikian, polisi tetap menyiapkan rekayasa lalu lintas. Beberapa akses jalan, seperti Jl Kebon Sirih, Jl Budi Kemuliaan, dan Kedubes Amerika Serikat menuju Patung Kuda, akan ditutup apabila eskalasi massa meningkat da berpotensi menimbulkan kemacetan.

"Saat ini masih belum (ditutup), lalin masih normal per pukul 10.20 WIB ini. Tapi nanti kalau massa sudah datang, kawat sekuriti barier sudah dibentangkan, berarti arus lalin yang dari Patung Kuda ke Harmoni dan Harmoni ke Patung Kuda itu akan kita tutup, termasuk juga yang dari Gambir menuju Istana yang sering kita sebut Ambon 9, itu juga akan kita tutup," katanya.

Baca di halaman selanjutnya: pengamanan demo.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT