Cerita Saat di Jepang, Wagub DKI Minta Warga Tak Nyampah di Tebet Eco Park

Karin Nur Secha - detikNews
Kamis, 12 Mei 2022 11:24 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Karin Nur Secha/detikcom)
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria buka suara soal banyaknya sampah di Taman Tebet Eco Park. Riza memaklumi hal tersebut karena antusiasme masyarakat yang berkunjung setelah taman tersebut dibuka.

"Eco Park dibuat sedemikian dan itu termasuk taman bermain. Kalau masih ada sampah, ya ini masih proses ya. Namanya teman-teman warga Jakarta senang sekali hadirnya Eco Park Tebet itu banyak, berbondong-bondong. Sejak dibuka, semua setiap hari di sana penuh, mungkin masih proses ya," kata Riza kepada wartawan, Kamis (12/5/2022).

Politikus Gerindra ini mengajak masyarakat menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Dia menyebut sejumlah tempat sampah sudah disiapkan di lokasi.

"Ini juga budaya kita sebagai warga Jakarta, mari kita biasakan membuang sampah pada tempatnya," kata Riza.

Riza lantas menyinggung budaya buang sampah di Jepang. Menurutnya, warga Jepang sudah terbiasa membuang sampah bahkan sesuai dengan jenis sampah yang dibawa masing-masing.

"Di Jakarta gimana? Kita berusaha minimal membagi tiga bagian, tapi masyarakat kita belum terbiasa membuang sampah dipilah-pilah. Terakhir saya 2017 ke Jepang nggak ada tempat sampah di banyak tempat umum," jelas Riza.

"Lalu gimana? Semua orang tidak ada membuang sampah, kalau dia habis makan, sampah ditaruh, bawa kantong sendiri. Sampai di rumah, dia bertanggung jawab buang sampah di tempat sampah di rumah masing-masing, tidak lagi di tempat umum," sambungnya.

Dia berharap ke depannya Jakarta bisa seperti Jepang dalam penerapan pembuangan sampah. Semua warga, harapnya, bertanggung jawab membawa kantong plastik dan membawa pulang sampah masing-masing.

"Itu harapan kita, kita masih jauh. Sekarang kita minta masyarakat, satu, jaga kebersihan, membuang sampah pada tempatnya. Kedua, mudah-mudahan ke depan masyarakat Jakarta bisa memilah jenis-jenis sampah pada tempat masing-masing," ucap Riza.

"Ketiga, mudah-mudahan bisa seperti Jepang, tidak lagi membuang sampah di tempat kita berada, tapi sampah kita bawa pulang ke rumah, taruh di tempat sampah di rumah kita masing-masing," lanjutnya.

Simak video 'Anies Klaim Sungai di Tebet Eco Park Bisa Jadi Kolam Retensi':

[Gambas:Video 20detik]



(ain/eva)