PTM 100% di SMPN 1 Tangerang Usai Libur Lebaran, Begini Suasananya

Khairul Ma'arif - detikNews
Kamis, 12 Mei 2022 11:19 WIB
PTM 100% di SMPN 1 Tangerang usai libur lebaran (Khairul Maarif/detikcom)
PTM 100 persen di SMPN 1 Tangerang seusai libur Lebaran (Khairul Ma'arif/detikcom)
Tangerang -

Hari ini SMP Negeri 1 Kota Tangerang kembali memulai kegiatan belajar mengajarnya (KBM) seusai libur Lebaran 2022. Hari pertama masuk di SMPN 1 Tangerang ini langsung dilakukan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen.

Pantauan detikcom di lokasi, Kamis (12/5/2022), pukul 09.39 WIB ruang kelas tampak penuh terisi oleh para siswa. Tidak ada lagi bangku kosong di antara para siswa.

Namun para siswa tetap menggunakan masker. Siswa terlihat antusias mengikuti jalannya PTM 100 persen ini.

"PTM better dari pembelajaran jarak jauh (PJJ). Seru, bisa ketemu teman, juga asyik. Jika PJJ kan kita online, mau tidak mau lihat laptop, jadi tidak asyik," ujar seorang siswa kelas VIII, Zeya, kepada wartawan di lokasi, Kamis (12/5/2022).

Selain itu, Zeya mengatakan PTM ini lebih dapat dipahami dibanding saat PJJ. Menurutnya, saat PJJ, terkadang terjadi kendala teknis.

Seorang siswa kelas 8, Zeya (Khairul Ma'arif/detikcom)Seorang siswa kelas VIII, Zeya (Khairul Ma'arif/detikcom)

"Pasti lebih nangkap pembelajaran karena kan dijelasin secara langsung. Kalau lewat PJJ gitu, misalnya lewat Zoom, kadang ada gangguan teknis. Kalau PTM kan tidak ada," tambahnya.

PTM saat ini, tutur Zeya, sudah tidak lagi menggunakan sesi. "Durasi satu pelajaran masih sama. Bedanya, sekarang seluruh siswa, dulu kan dibagi sesi. Ada sesi satu, sesi dua, sesuai absen. Kalau sekarang tuh full semua siswa," ungkapnya.

Zeya menambahkan jadwal belajar hingga pukul 10.45 WIB. Sebelum pandemi COVID-19, pembelajaran hingga pukul 14.00 WIB.

"Satu hari lima pelajaran. Aslinya kalau tidak ada Corona lebih panjang lagi. Normalnya hingga 14.00 WIB. Durasi satu pelajarannya juga biasanya satu jam lebih, sekarang kan hanya 30 menit," tuturnya.

(isa/isa)