Profil 5 Pj Gubernur yang Dilantik Mendagri Hari Ini

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 12 Mei 2022 06:25 WIB
Mendagri Tito Karnavian angkat bicara soal lockdown yang akhir-akhir ramai dibicarakan. Apalagi setelah beberapa daerah menerapkan local lockdown. Menurut Tito, bagaimana seharusnya kepala daerah bersikap dan mengambil kebijakan?
Foto: Mendagri Tito Karnavian akan lantik 5 Pj Gubernur pagi ini (20detik)
Jakarta -

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akan melantik Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Kepulauan Bangka Belitung, Sulawesi Barat, Gorontalo, dan Papua Barat. Pelantikan kelima Pj Gubernur itu akan dilaksanakan hari ini.

"Iya, benar. Rencana Kamis, 12 Mei, jam 08.00, di Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Bapak Mendagri Tito Karnavian akan melantik lima Pj Gubernur," kata Staf Khusus Mendagri Kastorius Sinaga dalam keterangannya, Rabu (11/5/2022).

Dari daftar nama yang diterima detikcom, terlihat ada nama Dirjen Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM, Ridwan Djamaluddin, yang akan menjabat Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. Selain itu, Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Akmal Malik, akan menjabat Pj Gubernur Sulawesi Barat.

Kemudian, Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP Kementerian Dalam Negeri, Komjen (Purn) Paulus Waterpauw, akan menjabat Pj Gubernur Papua Barat. Selanjutnya Sekda Banten, Al Muktabar, akan menjabat sebagai Pj Gubernur Banten dan Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Kementerian Pemuda dan Olahraga, Hamka Hendra Noer, yang akan menjabat sebagai Pj Gubernur Gorontalo.

Berikut profil kelima Pj Gubernur yang akan dilantik hari ini:

1. Al Muktabar (Pj Gubernur Banten)

Berdasarkan situs resmi Pemprov Banten, Al Muktabar merupakan pria kelahiran Jakarta, 12 Juni 1965. Muktabar tercatat memiliki sejumlah gelar pendidikan dan berbagai pengalaman kerja di pemerintahan.

Berikut profil Muktabar yang dirangkum detikcom:

Pendidikan:
- S3 Social Sciences The Florida State University (2006)
- S3 Sosial Universitas Padjadjaran Bandung (2004)
- S2 Applied Statistics Polytechnic Institute of New York (1998)
- S2 Ketahanan Nasional Universitas Gadjah Mada (1996)
- S1 Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu (1989)

Pengalaman kerja
- Sekda Provinsi Banten (sampai sekarang)
- Widyaiswara Utama Kemendagri
- Kepala Bidang Kerja Sama Antar Negara di Kemendagri
- Mantan Ketua Umum Ikatan Widyaiswara Indonesia (IWI)

Saksikan Video 'Mendagri Tito Karnavian Resmi Lantik Pj Gubernur untuk 5 Provinsi':

[Gambas:Video 20detik]




Simak selengkapnya profil Pj Gubernur lainnya di halaman berikutnya.