Aksi Royal Farsha Kautsar, Duit Suap Bapak Disebar

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 11 Mei 2022 22:12 WIB
Anak dari terdakwa kasus korupsi di Ditjen Pajak Wawan Ridwan, M. Farsha Kautsar (kedua kiri) memberikan kesaksian pada sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Selasa (10/5/2022). JPU KPK menghadirkan 10 orang saksi bagi terdakwa mantan Supervisor Tim Pemeriksa Pajak pada Direktorat Pemeriksaan dan Penagihan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kemenkeu tersebut diantaranya mantan pramugari Siwi Widi Purwanti. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.
M Farsha Kautsar (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Jakarta -

Sosok M Farsha Kautsar kini jadi sorotan setelah diduga menebar uang hasil kejahatan ayahnya, yang merupakan mantan pegawai di Ditjen Pajak. Farsha terungkap begitu royal sampai pernah mentransfer uang senilai total Rp 647 juta ke mantan pramugari bernama Siwi Widi Purwanti.

Farsha langsung menjadi sorotan usai dihadirkan sebagai saksi dalam persidangan kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU), yang digelar pada 10 Mei 2022. Farsha jadi saksi untuk terdakwa Wawan Ridwan, yang tak lain adalah ayahnya.

Sikap royal Farsha tak hanya dinikmati oleh Siwi Widi seorang. Tentu, Farsha juga menikmati uang yang terindikasi hasil kejahatan ayahnya. Uang itu digunakan Farsha untuk berbagai hal.

Yang bisa dibilang paling menyita perhatian adalah sikap royal Farsha kepada Siwi Widi. Sebab, menurut pengakuan Siwi Widi, Farsha memberikan sejumlah uang kepadanya secara cuma-cuma.

Dalam persidangan pun terungkap alasan Farsha mentransfer sejumlah uang ke Siwi Widi. Yang mana, menurut Farsha, Siwi Widi minta dibelikan sesuatu.

"Waktu itu yang bersangkutan minta dibelikan sebuah barang, dan saya membelikan barang itu dan saya mentransfer ke Widi saat itu," kata Farsha dalam persidangan.

Selain itu, Farsha tercatat pernah melakukan transaksi pembayaran salah satu aplikasi perjalanan, yang totalnya mencapai Rp 987 juta. Namun Farsha mengklaim pembayaran itu juga untuk kepentingan keluarganya.

Lalu ada juga uang Rp 39 juta dari Farsha ke seorang bernama Adinda Rana Fauziah, yang ternyata adalah mantan kekasihnya. Uang itu disebut untuk kepentingan operasi kista.

"Betul. Yang bersangkutan pernah menjalani operasi kista. Saat itu saya membantu yang bersangkutan untuk menjalani operasi kista," kata Farsha.

Tak sampai di situ. Farsha mengakui juga pernah membeli 1 unit mobil Mercedes-Benz. Mobil mewah itu digunakan untuk kepentingan pribadinya.

"Betul. Itu untuk pribadi saya," ucap Farsha menjawab pertanyaan jaksa penuntut umum dalam persidangan.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.