Viral Warga Usir Motor Naik Trotoar di Jakpus, Begini Kondisi Lokasi Kini

Anggi Muliawati - detikNews
Rabu, 11 Mei 2022 19:49 WIB
Sejumlah pemotor melintas di atas trotoar di Jl Cikini Raya, Jakarta Pusat
Sejumlah pemotor melintas di atas trotoar di Jl Pegangsaan Barat, Jakarta Pusat (Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Video aksi warga menghadang pemotor menaiki trotoar di Cikini, Jakarta Pusat, viral di media sosial. Warga tampak menghalau pengendara untuk kembali ke jalan raya.

Dalam video, terlihat sejumlah warga meminta pemotor memutar balik kendaraannya. Pemotor tersebut awalnya berniat melintas di atas trotoar.

"Balik lagi, Pak," kata salah seorang warga yang menghalau.

Peristiwa tersebut terjadi pada Selasa (10/5/2022). Dari narasi yang beredar, mereka merupakan warga Jakarta dan Depok.

Pada Rabu (11/5), detikcom pun mengecek ke lokasi di Jl Pegangsaan Barat, Cikini, Menteng, Jakpus. Namun, sesampai di sana, aksi pengusiran pemotor dari trotoar seperti dalam video yang viral sudah tak ada.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 16.43 WIB, terlihat sejumlah pengendara motor menaiki trotoar. Terlihat jalan pun cukup ramai.

Selain pengendara motor, tampak pesepeda menaiki trotoar. Kemudian mereka turun kembali saat tiba di lampu merah.

Warga sekitar, Bowo (28), mengatakan aksi penghalauan tersebut terjadi pada Selasa (10/5) sore. Dia menyebut kurang mengetahui dari mana warga tersebut berasal, dia menduga mereka baru selesai menonton bioskop.

"Yang saya tahu cuman 3 orang, laki-laki dua, perempuan satu. Mungkin mereka habis nonton bioskop, mereka keluar dari situ, saya posisi di sini, lagi beres-beres lihat orang kok pada balik lagi, mungkin, saya tahu orang yang habis nonton bioskop nunggu kendaraan," kata Bowo saat ditemui di lokasi.

Bowo mengatakan setiap harinya memang sering ditemukan pengendara yang menaiki trotoar. Hal itu dikarenakan pengendara yang buru-buru dan lampu merah yang dinilai terlalu lama.

"Rata-rata sih yang pengendara naik trotoar itu posisinya lampu merah, udah gitu kan dibagi dua jalur ditambah keluar masuknya kendaraan Metropole kan di sini, terus lampu merah disini lama, lampu hijaunya cepet, akhirnya kan kendaraan roda dua yang nggak sabaran mungkin naik, jam-jam segini, pokoknya semenjak lampu merahnya lama udah kayak gitu," katanya.

Baca di halaman selanjutnya: kesaksian Bowo.

Simak juga 'Gage DKI Berlaku Lagi, Sejumlah Kendaraan Kena Tilang di Fatmawati':

[Gambas:Video 20detik]