Hari Pertama, Sekolah yang Atapnya Hilang di Lebak Bersihkan Sisa Bencana

Fathul Rizkoh - detikNews
Rabu, 11 Mei 2022 15:04 WIB
Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Gunung Kencana, Lebak, Banten
Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Gunung Kencana, Lebak, Banten (dok. istimewa)
Lebak -

Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Gunung Kencana di Lebak, Banten, membersihkan sekolah pada hari pertama pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM). Kegiatan ini dilakukan lantaran ada ruangan sekolah yang terdampak angin puting beliung.

Kepala SDN 1 Gunung Kencana, Aan Sutiara, mengatakan hari ini pihaknya belum melakukan kegiatan belajar. Para guru dan staf yang ada diminta membersihkan sisa bencana yang terjadi pada Senin (9/5) lalu.

"Pembelajaran tatap muka akan kita lakukan besok hari Kamis (12/5). Hari ini kami mencoba untuk membereskan ruang kelas-kelas dan aula yang kemarin terdampak bencana," kata Aan kepada awak media, Rabu (11/5/2022).

Kata Aan, ini dilakukan agar PTM berjalan dengan nyaman. Sekolahnya pun diperbolehkan melaksanakan PTM oleh Pemerintah Kabupaten Lebak.

"Kemarin sudah konfirmasi dengan Kepala Dinas Pendidikan, kalau SDN 1 ini boleh melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka. Karena yang terdampak bencana hanya yang aula," tuturnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, bangunan sekolah, khususnya ruang kelas, dijamin aman digunakan. Dia pun meminta orang tua siswa tidak khawatir akan hal tersebut.

"Sekarang juga tahap selesai pembersihan. Tapi kegiatan belajar baru besok insyaallah dan dipastikan aman, guru-guru juga siap mengajar," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, kegiatan PTM akan tetap berjalan di SDN 1 Gunung Kencana, yang terdampak angin puting beliung. Para siswa akan masuk sekolah sesuai jadwal, yaitu pada Rabu (11/5).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Lebak Wawan Ruswandi mengatakan bagian sekolah yang terdampak hanya atap pada satu ruangan saja. Atap itu bukan bangunan ruang kelas, yang mempengaruhi kegiatan PTM nanti.

"Atapnya sudah terbang menghilang, ada juga satu ruangan yang rusak, tapi bangunan tidak ada yang rusak," kata Wawan kepada awak media di lokasi, Selasa (10/5).

Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Gunung Kencana, Lebak, BantenSekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Gunung Kencana, Lebak, Banten. (dok. istimewa)
(aud/aud)