Melawan Saat Hendak Ditangkap, Begal Bacok Kernet di Jakut Ditembak Polisi

Wildan Noviansah - detikNews
Rabu, 11 Mei 2022 13:51 WIB
Ilustrasi Begal, Rampok, Jambret. Andhika Akbarayansyah/infografis.
Ilustrasi begal. (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Jakarta -

Polisi menangkap 3 begal mobil pengangkut gas 3 kg yang melukai kernet di Cilincing, Jakarta Utara. Dari ketiga pelaku ini, disita celurit yang digunakan untuk melukai korban.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan dua pelaku atas nama A dan R ditangkap di Kampung Beting, Cilincing.

"Setelah mendapatkan informasi dari para saksi-saksi, Tim Opsnal 2 jam setelah kejadian berhasil menangkap 2 orang pelaku bernama A dan R di daerah Kampung Beting Cilincing, Jakut," kata Zulpan dalam keterangannya, Rabu (11/5/2022).

Zulpan mengatakan, dari pelaku tersebut, pihak kepolisian kemudian melakukan pengembangan. Hingga akhirnya, pihaknya berhasil mengamankan satu pelaku lain, MR, di dekat pompa bensin Kelurahan Semper Barat.

"Dilakukan pengembangan terhadap pelaku lainnya dan berhasil menangkap pelaku bernama MR di dekat pom bensin Kelurahan Semper Barat berikut barang bukti sebuah clurit yg digunakan pada saat melakukan kejahatan," kata dia.

MR melawan saat hendak ditangkap sehingga polisi melumpuhkannya dengan timah panas peluru.

"Terhadap pelaku M Ramadhani dilakukan tindakan tegas terukur karena berusaha melawan pada saat ditangkap," imbuhnya.

Peran 3 Pelaku

Zulpan mengatakan, dari ketiga pelaku yang sudah diamankan, mereka mempunyai peran yang berbeda satu sama lain. Mulai dari melukai korban hingga mengambil barang milik korban. Selanjutnya ketiga pelaku beserta batang bukti sudah diamankan di Polsek Cilincing.

"A sebagai eksekutor melukai korban dengan senjata tajam jenis celurit. MR peran mengambil tas korban memukul wajah korban dan menentang korban, menyiapkan clurit yang digunakan untuk melukai korban. R peran memukul korban badan korban dengan tangan kosong" kata dia.

Terpisah, Kanit Reskrim Polsek Cilincing AKP Alex Chandra mengatakan pelaku pembegalan tersebut diduga merupakan spesialisasi dan sudah beberapa kali melakukan tindakan serupa.

"Iya dia spesialis. Kalau sudah lebih dari sekali. Ini masih dalam pemeriksaan," kata Alex.

Sebelumnya, sopir dan kernet mobil pengangkut gas 3 kg menjadi korban begal di wilayah Cilincing, Jakarta Utara. Pelaku yang berjumlah 6 orang membacok kernet hingga terluka.

(mea/mea)