Anak Eks Pegawai Pajak Mengaku Pengusaha ke Siwi Widi Padahal Mahasiswa

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 11 Mei 2022 13:09 WIB
Anak dari terdakwa kasus korupsi di Ditjen Pajak Wawan Ridwan, M. Farsha Kautsar (kedua kiri) memberikan kesaksian pada sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Selasa (10/5/2022). JPU KPK menghadirkan 10 orang saksi bagi terdakwa mantan Supervisor Tim Pemeriksa Pajak pada Direktorat Pemeriksaan dan Penagihan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kemenkeu tersebut diantaranya mantan pramugari Siwi Widi Purwanti. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.
Farsha Kautsar, anak miliarder mantan pegawai pajak yang mengalirkan duit ratusan juta rupiah ke Siwi Widi Purwanti. (Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Jakarta -

Satu per satu aliran duit haram mantan pegawai pajak bernama Wawan Ridwan terkuak. Uang ratusan juta rupiah terendus digunakan anak dari Wawan bernama M Farsha Kautsar untuk seorang mantan pramugari bernama Siwi Widi Purwanti.

Wawan Ridwan sebelumnya menjabat Kepala Bidang Pendaftaran, Ekstensifikasi, dan Penilai Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara (Ditjen Pajak Sulselbartra). Dia dijerat KPK sebagai tersangka buntut pengembangan perkara yang sebelumnya membelit Direktur Pemeriksaan dan Penagihan pada Ditjen Pajak tahun 2016-2019 atas nama Angin Prayitno Aji.

Singkat cerita, Wawan Ridwan didakwa menerima suap serta melakukan tindak pidana pencucian uang atau TPPU. Untuk TPPU, jaksa KPK menyebut Wawan melakukannya bersama-sama dengan Farsha Kautsar yang tak lain adalah anaknya tetapi Farsha Kautsar sampai saat ini masih berstatus saksi dalam perkara ini atau belum dijerat KPK sebagai tersangka.

Nah, dalam surat dakwaan disebutkan bila ada aliran uang yang totalnya Rp 647,85 juta dari Farsha Kautsar untuk Siwi Widi. Uang itu dialirkan dalam 21 kali transfer. Cerita di balik aliran itu yang kemudian memantik perhatian dalam persidangan.

Awal Mula Farsha Kautsar Kenal dengan Siwi Widi

Dalam persidangan yang berlangsung di Pengadilan Tipikor Jakarta pada Selasa, 10 Mei 2022, Siwi Widi duduk bersama dengan Farsha Kautsar sebagai saksi. Siwi Widi mengaku hanya mengenal Farsha Kautsar, bukan dengan Wawan yang merupakan ayah dari Farsha Kautsar.

"Gimana ceritanya bisa kenal dengan Farsha?" tanya ketua majelis hakim Fahzal Hendri kepada Siwi Widi.

Peristiwa itu disebut Siwi Widi terjadi sewaktu dirinya masih aktif sebagai pramugari di Yogyakarta. Farsha Kautsar disebut Siwi Widi menghubunginya lebih dulu dan kemudian kerap mengikutinya saat berdinas sebagai pramugari.

"Terus pernah Farsha ikut terbang ke mana-mana?" tanya hakim.

"Pernah, dia suka sekali bertanya saya terbang ke mana lalu dia ikut di penerbangan bisnis," jawab Siwi Widi.

"Ngapain dia?" tanya hakim lagi.

"Katanya ikut saya aja, Yang Mulia," ucap Siwi Widi.

"Oh terbang sama Saudara saja kan jelas itu, PDKT-lah," ucap hakim menimpali.

Farsha Kautsar disebut Siwi Widi mengaku kepadanya sebagai pengusaha. Selain itu, Farsha Kautsar disebut bercerita tentang ayahnya yang seorang anggota DPR, padahal aslinya pegawai pajak.

"(Saat) penyidikan baru tahu kerjanya (ayah Farsha Kautsar) Direktorat Jenderal Pajak bukan anggota DPR, betul?" tanya hakim yang diamini Siwi Widi.

Farsha Kautsar Mengaku Pengusaha

Awal berkenalan itu terjadi sekitar 2019, ketika saat itu Farsha Kautsar berusia 20 tahun dan Siwi Widi berusia 23 tahun. Farsha Kautsar diketahui masih sebagai mahasiswa tetapi mengaku pada Siwi Widi sebagai pengusaha.

"Waktu itu saya jadi teman dekatnya Farsha. Waktu itu Farsha mengenal saya mengaku berusia 28 tahun sebagai pengusaha, bukan mahasiswa. Dia mencoba mendekati saya dan ada obrolan di mana dia mencoba mencari perhatian pada saya dengan membayarkan sesuatu untuk saya," ucap Siwi Widi.

Menurut Siwi Widi, Farsha Kautsar memberikan uang padanya yang totalnya Rp 647 juta lebih dalam masa perkenalan selama 3 bulan lamanya. Bagaimana kisah selanjutnya?

Simak di halaman berikutnya.

Lihat juga Video: Terima Rp 647 Juta, Siwi Widi Ungkap Anak Eks Pegawai Pajak Caper Dengannya

[Gambas:Video 20detik]