ADVERTISEMENT

Anggota Komisi I DPR Apresiasi Aksi 2 Prajurit TNI Gagalkan Begal

Firda Cynthia Anggrainy Al Djokya - detikNews
Rabu, 11 Mei 2022 13:01 WIB
Dua prajurit TNI, Prada Junior Noval dan Prada Ardian Sapta Savela, yang jadi korban dan menangkap begal di Kawasan Jakarta Selatan.
Dua prajurit TNI, Prada Junior Noval dan Prada Ardian Sapta Savela, yang jadi korban dan menangkap begal di kawasan Jakarta Selatan. (Mulia Budi/detikcom)

Dia kemudian menyoroti tindakan kriminal terutama pada saat berkendara yang masih membutuhkan ketegasan dari aparat penegak hukum.

"Kerawanan dalam berkendara akibat gangguan dari tindak kriminal ini adalah suatu bukti bahwa masih butuh ketegasan dari seluruh elemen aparat hukum. Tindakan pembelaan diri dari personel TNI adalah bentuk perlawanan akan kekejaman dari mereka yang hanya ingin merenggut kekayaan orang lain," katanya.

Diberitakan sebelumnya, kisah dua prajurit TNI versus sembilan begal terjadi pada Sabtu (7/5) sekitar pukul 05.00 WIB di Jl. Bumi, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Lokasi persisnya di depan SMPN 29 Jakarta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E. Zulpan menceritakan kronologi aksi begal yang gagal tersebut. Dua prajurit TNI itu bernama Prada Junior Noval dan Prada Ardian Sapta Savela dari kesatuan Yonarhanud 10/ABC Kodam Jaya.

"Pada Sabtu, 7 Mei, pukul 05.00 WIB, telah terjadi pembegalan terhadap pengendara roda dua yang kebetulan adalah anggota TNI. Kemudian dicoba dihentikan 4 motor pelaku begal," jelas Kombes Zulpan kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (9/5).

Para pelaku saat itu menyuruh kedua anggota TNI tersebut untuk berhenti. Kemudian, kedua anggota TNI menepi disusul salah satu pelaku yang berteriak, 'Berhenti, kita begal, nih'.

"Korban kemudian melakukan perlawanan. Akibat perlawanan ini membuat keempat pelaku mencoba lari, kemudian dilakukan pengejaran oleh korban," imbuhnya.

Dalam pengejaran itu, salah satu anggota TNI tersebut menendang satu motor pelaku. Akibatnya, pelaku terjatuh dari motor.

"Kemudian, akibat terjatuh, salah satu pelaku diamankan. Salah satu pelaku atas nama Muhammad Rizki ini berhasil diamankan dan sudah ditangani Polsek Kebayoran Baru," ujarnya.


(aud/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT